October 2, 2018

Makna dua kalimat syahadat yang perlu diketahui

Setiap haridua kalimat syahadat selalu dikumandangkan Adzan, iqomah, khutbah, bahkan shalat lima waktu pun membaca dua klaimat syahadat. Dalam ajaran agama Islam sendiri syahadat dibagi menjadi dua macam, yaitu syahadat Allah dan syahadat Rasul. Namun yang jadi pertanyaan sudahkan kita faham akan makna dari dua kalimat syhadat tersebut ?

Makna kalimat syahadat

Syahadat sendiri artinya yaitu persaksian, akan tetapi dalam hal ini persaksian tidak cukup dalam perkataan atau di lisan saja. Sebagai mana persaksianya orang-orang munafik yang akan diancam oleh Allah dan akan di masukan ke dalam api neraka. Orang-orang munafik sendiri mengucapkan dua kalimat syahadat dengan lisan, namun hatinya tidak membenarkan adanya Allah.
 
 Begitu juga sebalikanya, syahadat tidak hanya cukup dikatakan dalam lisan dan diyakini dalam hati tanpa diucapakan. Sebagai contoh paman nabi sendiri yang bernama Abu Thalib adalah seseorang yang sangat berjasa dalam mendukung perjuangan nabi Muhamad Saw dalam mengajarkan agama Islam, bahkan harta bendanya pun ia relakan untuk kemajuan agama Islam. Bahkan Abu Thalib sendiri mempercayai bahwa ajaran agama Islam adalah ajaran yang paling benar, namun sayang seribu sayang sampai akhir khayatnya Abu Thalib belum mengucapkan dua kalimat syahadat. Akhirnya pun ia mati dalam keadaan kafir.

Makna Asyahadu alla illaha illallah

Yaitu beriktikad dan berikrar bahwasanya tidak ada yang berhak disembah dan menerima ibadah selain Allah Swt, mentaati hal tersebut dan mengamalkanya. La illaha menafikan hak pemyembahan dari selain Allah. Illallah penetapan hal Allah semata yang patut disembah. Kemyataanya di dunia ini banyak sekali yang disembah selain Allah, ada orang yang menyembah pohon, matahari, patung danlain sebagainya, akan tetapi yang demikian itu tidak patut untuk disembah. Yang berhak disembah hanya Allah semata.

Makna Asyahadu anna Muhammadar Rasulullah 

Asyahadu anna Muhammadar Rasulullah artinya bersaksi bahwasanya Muhammad shalallahu alaihi wasallam adalah Rasul Allah. Rasul sendiri adalah seseoramg yamg diberi wahyu oleh Allah yaitu berupa syari'at dan ia berhak untuk mendakwahkan syari'at agama tersebut kepada umatanya.

Syahadat harus diterapkan

Setelah seseorang bersaksi dengan dua kalimat syahadat, maka ketahuilah ada hak dan kewjaiban yang harus ia lakukan setelahnya. Diantara hak yang didapatkan adalah haramnya darah dan hartanya. Maksutnya adalah, ketika seseorang telah bersaksi dengan dua kalimat syahadat maka tidak boleh diperangi, ditumpahkan darahnya, dan dirampas hartanya. Sebagai mana sabda Nabi Saw berikut ini :

"Aku diperintahkan untuk memerangi manusia, sampai mereka mau bersaksi bahwasanya tidak ada sembahan yang berhak disembah selain Allah Swt, dan bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah, dan mendirikan shalat serta menuanaikan shalat. Apabila mereka telah melakukan hal tersebut, mereka telah menjaga darah dan harta mereka dariku, kecuali dengan hak islam. Adapaun hisab mereka adalah urusan Allah Swt." (Hr Bukhari Muslim)

Itulah makna dua kalimat syahadat yang perlu anda ketahui dan syukur-syukur bisa anda amalkan, Adapun dua kalimat syahadat tersebut adalah salah satu syarat untuk masuk sgama Islam.








 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon