October 31, 2018

Pengertian Iddah, Macam-Macamnya dan Bagaimana Hukumnya Dalam Islam

Sahabat muslim yang dimuliakan Allah SWT. Pada kesempatan kali ini izinkan saya untuk membahsa tentang pengertian iddah, macam-macam iddah dan bagaiaman hukumnya?

Pengertian Iddah

Iddah sendiri berasal dari kata "adad" menurut bahasa artinya menghitung, sedangkan menurut istilah atau syara' iddah adalah masa menunggu yang diwajibkan bagi seorang wanita atau istri yang dicerai suaminya selama waktu tertentu setelah terjadi talak dan ia sudah dicampuri (berhubungan intim) atau istri yang telah ditinggal suaminya baik itu sudah dicampuri atau belum.

Seorang istri yang sudah ditinggal mati suaminya atau sudah ditalaq tidak boleh segera menikah dengan laki-laki yang lainya, dan ia harus menunggu waktu tertentu sesuai dengan hukum syariat islam yang sudah berlaku. 

Hukum Iddah

Bagi istri yang sudah mengalami talaq oleh suaminya, baik itu ditinggal mati atau masih hidup maka istri tersebut wajib menjalani masa iddah. Hal ini sesuai dengan ayat Al-quran dalam surat Al Baqarah ayat 228 :
وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوءٍ
Artinya :
"Perempuan-perempuan yang diceraikan, hendaklah ia menunggu (iddah) selama tiga kali suci" (Qs Al Baqarah : 228)

Macam-macam Iddah

1. Iddah istri yang haidnya masih aktif

Adapaun masa iddah untu istri yang haidnya masih aktif yaitu 3 kali suci menurut madzhab syafi'i  dan maliki atau tiga kali haid menurut madzhab Hanafi dan Hambali.

2. Iddah istri yang sudah tidak haid atau belum pernah haid

Adapum masa iddah bagi istri yang sudah tidak aktif haid atau belum pernah haid yaitu 3 bulan, hal ini sesuai dengan ayat suci Al quran dalam surat At talaq ayat 4 :

وَاللَّائِي يَئِسْنَ مِنَ الْمَحِيضِ مِنْ نِسَائِكُمْ إِنِ ارْتَبْتُمْ فَعِدَّتُهُنَّ ثَلَاثَةُ أَشْهُرٍ وَاللَّائِي لَمْ يَحِضْنَ
Artinya :
"dan perempuan-perempuan yang tidak haid lagi (monopause) diantara perempuan-perempuan jika kamu ragu-ragu  (tentang masa iddahnya), maka masa iddah mereka adalah 3 bulan, dan begitu pula perempuan-perempuan yang tidak haid". (Qa At-talaq : 4)

3. Iddah istri yang ditibggal mati suaminya

Adapun masa iddah bagi istri yang ditinggal mati oleh suaminya yaitu selama 4 bulan 10 hari jika tidak hamil baik itu sudah dicampuri atau belum. dan sampai melahirkan jika istri tersebut masih dalam keadaan hamil. Hal ini sebagaimana dalam Qa Al Baqarah ayat 234, yang artinya :

" Orang-orang yang meninggal dunia diantaramu dengan meninggalkan istri-istri (hendaklah para istri itu) menangguhkan dirinya (beriddah) selam empat bulan sepuluh hari"

4. Iddah istri yang hamil

Adapun masa iddah bagi istri yang sedang hamil yaitu sampai batas melahirkan.

5. Iddah istri yang ditinggal mati dalam keadaan hamil

Adapun masa iddah bagi istri yang ditinggal mati dalam keadaan hamil menurut jumhur ulama adalah selama 4 bulan 10 hari.

6. Iddah istri yang belum dicampuri

Adapaun masa iddah bagi istri yang belum dicampuri adalah tidak ada.

Kewajiban suami terhadap istri selama masa iddah

Selama masa iddah belum habis, maka kewajiban suami terhadap istrinya masih belum habis dan itu harus dilakukan oleh suami. Adapaun kewajibanya antra lain :
  • Memberikan makanan, pakaian dan tempat tinggal bagi istri jika istri tersebut tidak durhaka.
  • Memberikan nafkah dan tempat tinggal bagi istri yang masih dalam masa iddah talaq bain dalam keadaan istri tersebut hamil dan hanhya memberikan nafkah saja jika istri tidak dalam keadaan hamil.
Tujuan Iddah

Adapau tujuan dari masa iddah sendiri adalah untuk mengetahui secara lebih nyata tentang kesucian kandungan yang ada dalam rahim istri yang sudah ditalaq.

Cukup sekian mengenai pembahasan tentang pengertian Iddah, macam-macamnya dan bagaimana hukumnya. semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon