Pengertian rukun wudhu beserta penjelasanya

Pengertian rukun wudhu beserta penjelasanya

Wudhu merupakan salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim sebelum melakukan shalat. Dalam ilmu fiqih sendiri wudhu berarti sebagai penyuci dan penghilang hadst. Sedangkan menurut istilah wudhu berarti memanfaatkan air untuk membasuh anggota tubuh tertentu dengan cara yang telah ditentukan dalam Islam, memulainya dengan niat, yaitu ungtuk menghilangkan hadast kecil.

Sedangkan pengertian rukun wudhu sendiri adalah suatu aktivitas yang dilakukan dalam melakukan ibadah atau urutan yang tidak boleh ditinggalkan dalam berwudhu. Ketika berwudhu semua urutan yang sudah ditentukan dalam berwudhu yaitu dari niat sampai yang terakhir membasuh kedua kaki harus berurutan, tidak boleh urutan pertama kemudian langsung ke urutan yang terakhir kemudian kembali ke urutan kedua. Intinya tidak boleh mendahulukan anggota yang satu dengan anggota yang lain.



Wudhu merupakan bentuk ibadah yang banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan manusia, baik itu dari bentuk agama maupun bentuk kesehatan. Salah satu manfaat dari wudhu sendiri adalah bisa untuk meredam amarah.

Adapaun Rukun wudhu sendiri ada 6 yang harus dilakukan seseorang secara berurutan sebagai mana yang telah disebutkan dalam kitab safinatun naja :

نفروض الوضوء ستة: الأول النية الثاني غسل الوجه الثالث غسل اليدين مع المرفقين الرايع مسح شيئ من الرأس الخامس غسل الرجلين مع الكعبين السادس الترتيب

1. Niat

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah berniat dengan bersungguh-sungguh untuk melakukan wudhu. Anda juga harus membaca niat ketika mau berwudhu, adapun niatnya yaitu :

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَلِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًالِلّٰهِ تَعَالٰى
2. Memabasuh muka/wajah

Adapaun sunnahnya yaitu dengan membasuh muka sebanyak tiga kali. Batasan muka sendiri yaitu hingga batasan antara muka dan rambut kepala hingga dagu. Dan jika yang mempunyai jenggot harus membersihkan celah-celah rambut jenggot dengan menggunakan jari anda.

3. Membasuh kedua tangan

Adapaun batasan ketika membasuh tangan yaitu sampai dengan siku, dan disunahkan membasuhnya sebanyak tiga kali dan yang dibasuh terlebih dahulu tangan yang sebelah kanan.

4. Membasuh sebagian rambut kepala

Dalam membasuh ranbut yang ada dikepala ulama banyak yang berbeda panedapat, ada yang menyuruh untuk membasuh seluruh rambut ada pula yang sebagian rambut. Adapaun yang umum dan yang sudah diajrkan oleh ulama yaitu membasuh sebagian rambut baik itu yang ada di belakang maupun depan sebanyak tiga kali.

5. Membasuh kedua kaki

Batasan ketika membasuh kaki yaitu sampai dengan mata kaki atau polok, dan anda juga harus menyela-nyela diantara jari-jari kaki anda. Hal ini untuk mencegah adanya sisa-sia kotoran yang menempel disela-sela kaki.

6. Tertib

Maksuntnya adalah tidak boleh mendahulukan anggota yang satu dengan anggota yang lainya atau sesuai dengan urutan-urutan fardhu yang sudah disebutkan diatas.

Itulah pengertian Rukun-rukun dan penjelasanya yang perlu anda ketahui, agar supaya ibadah anda diterima oleh Allah SWT. Amin
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments