Subhanallah! Ternyata inilah keutamaan yang sangat luar biasa membaca surat Ar-rahman

Subhanallah! Ternyata inilah keutamaan yang sangat luar biasa membaca surat Ar-rahman

Assalamualikum sahabat muslim yang dimuliakan Allah. Sebelum membahas tentang keutamaan surat Ar-rahman mari kita berkenalan dulu tentang surat ini. Surat Ar-Rahman sendiri merupakan surat ke 55 dalam Al-quran yang terdiri dari 78 ayat, dan terletak pada juz 27. Surat Ar-Rahman terdiri tergolong dalam surat makikkiyah karena turun di kota Makah atau sebelum Rasulullah SAW belum berhijrah ke madinah. Surat Makkiyah sendiri turun pada aat tanggal 17 Ramadhan  tepatnya ketika Rasulullah berumur 40 tahun.

Ar-Rahman sendiri merupakan nama Allah yang artinya "maha pemberi nikmat dunia dan akhirat". Ada satu ciri yang dimiliki dalam surat Ar-Rahman ini, yaitu apabila mendengarkan saja bisa langsung mengetahui apa yang sedang dibaca oleh orang, yaitu adanya pengulangan ayat (Ar-Rahman) sebanyak 31 kali.


Allah SWT sendiri dalam menurunkan surat atau ayat-ayat dalam Al-quran bertujuan agar manusia bisa mengambil hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil dari ayat tersebut. Meskipun surat yang turun tersebut tentang umat-umat terdahulu maupun umat yang akan datang, baik itu kabar susah maupun kabar gembira.

Setiap ayat yang ada pada Al-quran pasti mempunyai keutamaan tersendiri, begitupun dalam surat A-Rahman. Bagi anda yang belum tahu mengenai keutamaan membaca surat Ar-Rahman simak ulasan berikut ini :

Keutamaan membaca surat Ar-Rahman

1. Menginatkan kita bahwa Allah itu maha pengasih

Terkadang kita tidak sadar bahwa sesungguhnya allah memiliki sifar Ar-Rahman yang artinya yaitu maha pemberi nikmat baik di dunia maupun di akhirat. Bahkan Allah SWT sendiri dalam memberi rezeki kepada mahluknya tidak membeda-bedakan baik itu muslim maupun non muslim, Allah telah menetapkan rezeki bagi masing-masing orang sejak mereka belum dilahirkan di muka bumi ini.

2. Mengingatkan kita untuk tidak mngkufuri nikmat yang telah diberikan kepada kita

Hampir dari kesuleluruhan ayat yang ada pada surat Ar-rahman ini memiliki artidan bunyi yang sama persis. Ayat ini merupakan pengingat bagi makhluknya khususnya jin dan manusia, karena kedua mahluk ini yang paling sering lupa dengan nikmat yang telah diberikan kepada mereka. Namun dengan sifat Ar-Rahmanya Allah, Allah tetap memberikan nikmat dan rezeki kepada seluruh mahluk ciptaanya.

3. Matinya orang yang membaca surat Ar-Rahman seperti orang yang mati syahid

Dijelaskan dalam fadilatul A'mal bahwa Rasulullah pernah bersabda : "barang siapa yang membaca surat Ar-Rahman, dan ketika dalam membaca ayat Fabiayi aala'i Rabbikuma Tukadziban kemudian jika dia mengucapkan tidak ada satu nikmatMu dari Tuhanku yang aku dustaka, maka jika dalam membacanya di waktu malam hari kemudian mati, maka matinya seperi matinya orang syahid, dan jika membacanya di waktu siang hari, kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid." (diriwayatkan oleh imam Abu ja'far).

4. Akan mendapat syafa'at kelak di hari kiamat

Rasulullah bersabda : "Jangan tinggalkan untuk membaca surat Ar-Rahman, dan bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang yang munafik, maka kamu akan menjumpai Tuhan bersamanya (Ar-Rahman) pada hari kiamat."

Maksut hadist diatas adalah barang siapa yang membaca dan mengamalkan surat Ar-Rahman ini maka kelak ia akan mendapat syafa'at dan akan dimasukan kedalam syurganya Allah sesuai dengan pilihan mereka.

Kapan waktu membaca surat Ar-Rahman?

Jika ada pertanyaan yang seperti itu maka, sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk membaca surat Ar-Rahman ini, kapanpun bisa membaca surat Ar-Rahman ini. AKan tetapi bagi yang ingin mengistiqamahkan membaca surat Ar-Rahman maka sebaiknya anda baca setelah shalat subuh, atau shalat dhuha, yang terpenting waktu itu bisa untuk diistiqamahkan.

Itulah pembahasan kali ini mengenai beberapa keutamaan bagi orang yang gemar membaca surat Ar-Rahman, dan semoga kita bisa mengamalkanya. Semoga bermanfaat

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments