November 21, 2018

Keutamaan dan Pahala Bagi Orang yang Sholat Berjamaah di Masjid

Sholat merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap kaum muslim. Sholat jamaah adalah shalat yang dilakukan secara berjamaah atau bersama-sama, yaitu terdiri dari imam dan ma'mum. Bagi kaum lak--laki shalat jamah hukumnya fardhu kifayah, sedangkan bagi kaum wanita sholat dirumah lebih utama, namun jika dikerjakan di masjid juga tidak apa-apa.
Dalam shalat jamaah sendiri gerakan makmum harus mengikuti gerakan imamnya, dan tidak boleh mendahului satu gerakan pun. Namun melihat keadaan saat ini banyak orang yang jarang melakukan sholat jamaah di masjid, padahal banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh bagi siapa saja yang sholat berjamaah di masjid.

Adapun sholat yang dianjurkan untuk berjamaah adalah sholat wajib 5 waktu maupun sholat sunnah seperti sholat gerhana, sholat jenazah, sholat tarawih, sholat hari raya dan lain sebagainya.

Hadist dianjurkanya untuk shalat berjamaah

صلاة الجماعة أفضل من صلاة الفذ بسبع وعشرين درجة
Artinya :
"Shalat bejamaah lebih utama 27 derajat dibandingkan shalat sendirian. (HR Bukhari-Muslim)

Hukum shalat jamaah

Para ulama memiki pendapat yang berbeda-beda mengenai hukum shalat jamaah itu sendiri. Berikut ini beberapa pendapat dari ulama tersebut :

1. Madzhab maliki dan syafi'i mengatakan bahwa hukum sholat berjamaah adalah fardhu kifayah sedangkan sebagian ulama lain ada yang mengatakan sunnah muakkad.

2. Madzhab Hambali mengatakan bahwa hukum sholat berjamaah adalah fadhu ain bagi setiap muslim yang sudah baligh dan akan mendapatkan dosa bagi yang meninggalkanya.

3. Madzhab Hanafi mengatakan bahwa hukum sholat berjamaah adalah wajib.

Akan tetapi berjamaah sendiri bukan termasuk ke dalam syarat sahnya sholat, sehingga apabila sholat dikerjakan sendirian maka tetap akan sah.

Keutamaan dan pahala shalat jamaah di masjid

1. Pahala melangkahkan kaki ke masjid

Seorang yang akan melakukan sholat jamaah di masjid, maka tiap langkah kakinya akan diberi satu pahala, dihapus satu dosa dan akan dinaikan derajatnya oleh Allah SWT.
Hal ini sesusuai dengan hadist yang diriwatakan oleh (Ibnu majjah:227, muslim:10680-1065).

2. Akan di doakan oleh para malaikat

Seorang yang menunggu sholat, yaitu dari masuk masjid sampai waktu shalat maka dia akan di doakan oleh malaikat dengan doa :Ya Allah ampuni dia, Ya Allah ampuni dia" dengan tanpa hentinya sampai waktu shalat.

3. Akan mendapatkan naungan pada hari kiamat

Ada tuju golongan kelak di hari kiamat yang akan mendapatkan naunga, dan salah satunya adalah orang yang hatinya selalu ingat dengan masjid. Seorang pemuda yang hatinya selalu ingat dengan masjid maka ia kelak akan mendapat naungan di hari kiamat besok. (Al-Bukhor:260)

4. Doa malikat jika orang tersebut di shaf paling depan

Orang yang ketika shalat berjamaah shaf nya paling depan maka dia akan di doakan oleh malaikat. Maka dalam shalat berjamaah pilihlah shaf paling depan.

"Sesungguhnya maliakat akan bershalawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama." (HR Ibnu Hibban no:2157).

Menanggapi sabda beliau, kemudia ada sahabat yang bertanya bagimana dengan shaff yang kedua? kemudia rasulullah menjawab "Juga kepada orang-orang yang berada di shaff kedua".

5. Pahala shalat subuh 119 pahala

Seseorang yang melakukan sholat subuh dengan berjamaah maka pahalanya akan dilipat gandakan menjadi 119 dari pada shalat sendiri.

6. Pahala shalat isya 58 pahala

Seseorang yang melakukan sholat isya dengan berjamaah maka pahalanya akan dilipat gandakam menjadi 59 pahala dari pada shalat sendiri.

7. Pahala shalat dzuhur, asar dan maghrib 27 pahala

Seseorang yang melakukan sholat dzuhur, asar dan maghrib dengan berjamaah maka pahalanya akan dilipat gandakan emjadi 27 pahala dari pada shalat sendirian.

Keutamaan Lain Ketika Sholat Berjamaah

1. Apabila dalam suatu jamaah, tiada satupun yang melakukan sholat dengan khusyu' kecuali sang imam, maka semua yang mengikuti sholat jamaah tersebut akan terhitung khusyu'

2. Apabila seluruh jamaah tiada satupun yang melakukan sholat dengan khusyu' kecuali satu saja dari makmum yang sholat dengan khusyu', maka semua yang mengikuti sholat jamaah tersebut akan terhitung khusyu'

3. Apabila sama sekali tidak ada satupun seseorang yang sholat dengan khusyu' dalam suatu sholat jamaah, akan tetapi barisan / shaf pada jamaah tersebut terbilang lurus dan rapat, maka seluruh hadirin sholat jamaah tersebut akan terhitung sholat khusyu'



Tips Sederhana Agar Sholat Bisa Khusu'

1. Membersihkan diri / thoharoh secara sempurna
2. Selesaikan terlebih dahulu hadats kecil dan besar
3. Tidak terlalu lapar sebelum sholat kecuali karena berpuasa
4. Mengenakan busana yang bersih, rapi, dan nyaman
5. Dalam suasana tenang (tempat sejuk, teduh, sepi, dsb)
6. Berusaha mendalami makna dari tiap-tiap bacaan pada sholat
7. Merendahkan hati di hadapan Allah, mengingat bahwa tiada yang lebih besar dari Allah
8. Selalu mengingat bahwa tiap gerakan sholat kita selalu dilihat oleh Allah
9. Anggaplah bahwa sholat kita tersebut adalah sholat terakhir kita
10. Tidak tergesa-gesa saat sholat / thuma'ninah


Demikian penjelasan mengenai keutamaan dan pahala bagi yang berjamaah di masjid. Ternyata sungguh luar biasa sekali akan manfaat yang bisa kita dapat dari shalat jamaah tersebut, Subhanallah


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon