4 Tempat Yang Disunahkan Untuk Mengangkat Tangan Dalam Shalat

4 Tempat Yang Disunahkan Untuk Mengangkat Tangan Dalam Shalat

Shalat merupakan Ibadah wajib yang harus dilakukan oleh seorang muslim. Dalam shalat sendiri terdapat banyak kesunahan yang perlu dilakukan agar mendapat pahala lebih dari shalat itu sendiri. Sunnah shalat sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu sunnah ab'ad dan sunnah haiat. Sunnah ab'ad adalah sunnah-sunnah dalam shalat yang disunahkan untuk melakukan sujud sahwi jika lupa tidak melakukan atau meninggalkan. Sedangkan sunnah haiat adalah sunnah-sunnah dalam shalat yang tidak disunahkan untuk sihud sahwi ketika meninggalakanya.
Sunnah ab'ad banyak sekali dalam shalat salah satunya adalah mengangkat kedua tangan di empat temapat dalam shalat. Di dalam kitab safinatunnaja karya imam Nawawi Al Bantani di jelaskan bahwa ada 4 tempat tempat yang disunahkan untuk mengangkat tangan.

  (فَصْلٌ) يُسَنُّ رَفْعُ الْيَدَيْنِ فِي أَرْبَعَةِ مَوَاضِعَ: عِنْدَ تَكْبِيْرَةِ الْإِحْرَامِ وَ عِنْدَ الرُّكُوْعِ وَ عِنْدَ الْإِعْتِدَالِ وَ عِنْدَ الْقِيَامِ مِنَ التَّشَهُّدِ الْأَوَّلِ

Disunahkan mengangkat tangan pada shalat yaitu pada emapat tempat :

1. Ketika takbiratul ihram
2. Ketika Ruku'
3. Ketika i'tidal
4. Ketika berdiri dari tasyahud awal

Adapaun perincianya adalah sebagai berikut :

1. Ketika takbiratul ihram

Takbiratul ihram adalah takbir ketika akan memulai shalat atau masuk ke dalam shalat. Dalam takbiratul ihram ini disunahkan untuk mengangkat kedua tangan . Kesempurnaan mengangkat kedua tangan ketika takbiratul ihram adalah mengangkat kedua tangan ketika mulai mau niat shalat dan posisi telapak tangan terbuka, kemudian mengangkat kedua tangan hingga ibu jari sejajar dengan ujung telinga sedangkan untuk telapak tangan sejajar dengan menghadap ke kiblat, adapaun ketika menurunkan tangan adalah ketika takbir berhenti atau selesai.

2. Ketika Ruku'

Yang kedua ini adalah mengangkat tangan ketika dalam keadaan ruku. Adapaun kesempurnaan mengangkat kedua tangan dalam ruku adalah mulai mengangkat tangan ketika masih dalam keadaan berdiri dan ketika mulai mengucapkan kalimat takbir. Kemudian ketika telapak tangan sudah sejajar dengan pundak maka maka merunduk sampai dengan posisi ruku.

3. Ketika I'tidal

yang ketiga adalah I'tidal. I'tidal sendiri adalah kembali dalam keadaan sebelum ruku'. Dalam keadaaan ini disunahkan untuk mengangkat kedua tangan. Disunahkan mengangkat kedua tangan ketika dalam membaca kalimat Samiallahuliman hamidah sambil mengangkat kepala dan mengangkat tangan hingga berdiri tegak. Setelah berdiri tegak tangan diturunkan bersamaan dengan selesainya bacaan tasmi' (Samiallahuliman hamidah).

4. Ketika Berdiri dari tasyahud awal 

Yang terakhir adalah ketika berdiri dari tasyahud awal. Disunahkan juga mengangkat tangan ketika berdiri dari tasyahud awal Waktu sempurna mengangkat tangan adalah ketika mulai berdiri dan sudah mencapai pada paling sedikit ruku'.

Itulah beberapa kesunahan dalam shalat yang mana dalam hal ini termasuk ke dalam sunnah haiat, yaitu mengangkat tangan dalam empat temapt yang sudah dijelaskan diatas. Semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua. Amien


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments