November 21, 2018

Waktu dan Tata Cara Shalat Taubat Sesuai Dengan Ajaran Nabi

Shalat taubat adalah shlat sunnah yang dikerjakan dalam rangka untuk memohon ampunan kepada Allah baik itu dosa yang dilakukan dengan sengaja maupun dosa yang tidak disengaja. Ketika orang sudah shalat taubat atau sudah benar-benar taubat maka ia berjanji tidak akan mengulangi kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa yang sudah dilakukan diwaktu lampau.

Beberapa shalat sunnah mempunyai fungsi masing-masing, shalat sunnah ada yang dilakukan karena sesuai ajaran rasulullah seperti shalat tahajud, shalat rawatib, shalat dhuha dan lain sebagainya. Ada juga yang dilakukan karena adanya sebab seperti shalat hajat, shalat istikharah dan shalat taubat.
Adapaun untuk tata cara shalat taubat sendiri seperti halnya shalat sunnah yang lainya, yaitu dilakukan dua rakaat dengan dua kali salam. Adapun rakaatnya tidak terbatas boleh dilakukan dua rakaat empat rakaaat enman rakaat dan seterusnya. Bahkan ada sebagian orang yang mengamalkan shalat taubat ini setiap harinya, karena orang yang mengamalkan shalat taubat setiap hari dia sadar bahwa setiap harinya pasti melakukan dosa atau kesalahan baik itu disengaja maupun tidak.

Dalil anjuran shalat taubat

Firman Allah dalam Al-Quran surat At-tahrim ayat 8 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Artinya :
"Wahai orang-orang yang beriman ! Bertaubatlah kamu kepada Allah dengan 'Taubat Nasuha'  (taubat yang benar), mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapuskan kesalahn-kesahan kamu dan akan memasukan kamu kedalam syurga yang mengalir dibahwanya bebrapa sungai, pada hari Allah tidak akan menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama-sama denganya : cahaya (iman dan amal soleh) mereka, bergerak cepat dihadapan mereka dan disebelah kanan mereka (semasa mereka berjalan) : mereka berkata (ketika orang-orang munafik mereaba-raba dalam gemlap-gelita) :Wahai Tuhan kami ! sempurnakanlah bagi kami cahaya kami, dan limpahkanlah keampunan kepada kami : seseungguhnya engkau maha kuasa atas segala sesuatu". (Qs At-tahmrin : 8 )

Tata cara shalat taubat
  • Niat shalat taubat
  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surat Al fatihah
  • membaca surat Al quran
  • Ruku' (Membaca tasbih 3 kali)
  • I'tidal (membaca doa I'tidal)
  • Sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Bangun untuk melanjutkan rakaat kedua seperti gerakan diatas
  • Tasyahud akhir
  • Salam
  • Berdoa memohon ampunan kepada Allah
Niat Shalat taubat

أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي
Ushalli sunnatat taubati rakataini lilahita'ala
Artinya : Saya berniat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah taala

Adapaun membaca niat yaitu pada talbiratul ihram atau ketika mengangkat tangan, namun melafalkan niat hukumnya sunnah yang wajib adalah niat dalam hati. Adapaun fungsi dari melafalkan niat adalah untuk memantapakan dalam hati agar pelaksanaan shalat bisa khusu'.

Waktu shalat taubat

Dalam pelaksanaan shalat taubat sendiri sebenarnya tidak ada waktu khusus, berbeda dengan shalat tahajud dan shalat dhuha yang waktunya sudah ditentukan. Sahalat taubat ini bisa dilakukan kapan pun baik siang atau malam, namun waktu yang lebih baik untuk mengerjakan shalat taubat adalah ketika setelah melakukan kesalahan atau dosa maka segeralah untuk melakukan shalat tauba.

Itulah penjelasan mengenai waktu dan tata cara shalat taubat sesuai dengan ajaran nabi, semoga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi pembaca dan khalayak umum.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon