5 Keistemewaan Hari Rabu Dalam Islam Yang Jarang Diketahui

5 Keistemewaan Hari Rabu Dalam Islam Yang Jarang Diketahui

Hari Rabu adalah hari ke 4 dari pada ke 7 hari yang ada. Hari Rabu tergolong menjadi hari yang tergolong istemewa dalam Islam, dan pada hari Rabu lah Allah menciptakan Nur atau cahaya. 
Masih banyak orang yang belum tahu mengenai keistemewaan yang ada pada hari rabu tersebut. Sebenarnya semua hari pasti mempunyai keistemewaan tersendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai 5 keistemewaan yang ada pada hari Rabu, keistemewaan apa saja yang ada pada hari Rabu tersebut? yuk simak ulasan berikut ini :

1.Hari yang paling baik untuk memulai belajar (ngaji) maupun belajar ilmu yang lainya.

2. Hari yang paling utama untuk melakukan hal yang baik.

3. Hari diciptakanya cahaya.

4. Hari yang tidak berkah bagi orang kafir.

5. Hari yang berkah bagi orang muslim.
Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim karya Syekh Nawawi Al Bantani dijelaskan:
Pada suatu hari, guru kami, Syaikh Burhanuddin, menetapkan suatu ketentuan mengenai permulaan belajar, yaitu pada hari Rabu. Syaikh Burhanuddin mengatakan demikian dengan dalil hadis dari Rasulullah Saw. yang mengatakan: “Tiada lain sesuatu yang dimulai pada hari Rabu, kecuali akan menjadi sempurna." 
Demikian itu juga dilakukan oleh Imam Abu Hanifah, dengan menceritakan hadis dari salah seorang gurunya, Syeh Qowamuddin Ahmad bin Abdul Rasyid. Disamping itu, beliau berkata: ”Saya juga pernah mendengar dari orang yang dapat dipercaya. Sesungguhnya beliau, Syaikh Abu Yusuf Hamdany, menentukan hari untuk memulai pekerjaan yang baik, dilakukan pada hari Rabu."
Adapun mengenai alasan hari Rabu dijadikan permulaan untuk melakukan sesuatu, karena pada hari Rabu itu merupakan hari dijadikannya nur (cahaya) dan hari nahsin, yaitu hari yang tidak memberi (membawa) berkah bagi orang kafir, tetapi bagi orang mukmin. Hari tersebut juga adalah hari yang penuh berkah bagi orang-orang mukmin.
Itulah 5 keistemewaan hari rabu yang perlu kita ketahui bersama. Ternyata banyak sekali keistemewaan yang bisa kita dapat pada hari tersebut. Semoga bermanfaat
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments