Adab Bersalaman Yang Benar Kepada Orang Tua Atau Guru

Adab Bersalaman Yang Benar Kepada Orang Tua Atau Guru

Bersamalaman merupakan slah satu budaya Indonesia yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan masyarakat Indonesia khususnya yang beragama Islam bersalaman dengan mencium tangan dilakukan oleh orang yang usianya lebih muda kepada orang yang lebih tua, misalkan kepada orang tua kita, guru, ulama, dan orang yang memiliki kedudukan dan ilmu yang terhormat.

Lantas yang menjadi pertanyaan, bagaimana padangan Islam mengenai bersalaman dengan cara mencium tangan? Apakah itu diperbolehkan atau bahkan tidak.

Dalam Islam sendiri budaya bersalaman dengan cara mencium tangan sudah ada sejak zaman rasulullah SAW. Sebagaimana dalam sebuah hadist dari Jabir ra ia berkata : "Bahwa suatu ketika Umar bin Khatab bergegas jalan menuju Rasulullah SAW dan kemudia mencium tangan beliau" (HR Ahamd)

Dalam sebuah hadist lain juga dijelaskan dari Usamah bin Syarik, beliau berkata : "Kami bertemu Rasulullah SAW kemudian kami mencium tanganya"
Berdasarkan keterangan hadist diatas, dapat disimpulkan bawasanya bersalaman dengan cara mencium tangan sudah ada sejak jaman rasulullah SAW dan hal yang demikian itu tidak dilarang oleh Rasulullah, karena beliau tidak pernah menolak ketika ada seseorang yang bersalam dengan cara mencium tangannya. Adapaun maksud dari mencium tangan sendiri adalah untuk menghormati dan meluapakan rasa kasih sayang. baik itu kepada orang tua, guru, maaupun orang yang memiliki kedudukan ilmu yang lebih tinggi dan terhormat.

Adapaun cara bersalaman kepada orang tua, guru, atau ulama adalah dengan cara mencium tangan dan ketika mencium tersebut yang dicium adalah hidungnya bukan ko malah ditempelkan dipipinya saja. karena jika yang kita cium adalah hidungnya ada keberkahan sendiri yang akan kita dapat melalui perantara atau wasilah orang tersebut. Namun kenyataanya sebagian besar ketika anak bersalaman kepada orang tua atau guru tidak dengan cara mencium akan tetapi hanya ditempelkan di pipi saja. Adapaun yang masih menerapakan dengan cara mencium hidungnya adalah anak-anak yang didup dikalangan pesantren saja.

Demikianlah mengnai penjelasan Adab bersalaman kepada orang tua ataupun guru. Semoga dengan penjelasan tersebut bis amenambah wawasan bagi kita semua.



Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments