December 7, 2018

Hukum Wudhu Dalam Keadaan Telanjang

Suci dari hadast dan najis merupakan salah satu syarat sah dalam shalat. Dalam hal ini jika seseorang akan melakukan shalat jika ada hadast baik itu besar maupun kecil maka ia wajib menghilangkanya. Kalu hadast kecil yaitu dengan berwudhu sedangkan hadast besar yaitu dengan mandi wajib. Diantara kita terkadang masih bingung mengenai sebuah pertanyaan "Bolehkan wudhu dalam keadaan telanjang?" dan bisanya hal yang demikian dilakukan oleh seseorang setelah mandi. Entah itu karena menghemat waktu ataupun tanggung sebagian dari  kita pun banyak yang melakukan wudhu dalam keadaan telanjang.
Lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimanakah hukumnya wudhu dalam keadaan telanjang, sah atau tidak shalatnya? Mari simak ulasan berikut ini.

Dari sebuah keterangan salah seorang kyai mengatakan bahwasanya wudhu dalam keadaan telanjang hukumnya sah-sah saja, asalkan dilakukan dikamar mandi dan tidak ada yang bersamanya. Namun akan lebih baik jika tidak melakukan hal yang demikian ini, karena pada dasarnya membuka aurat hanya diperlukan dalam keadaan tertentu saja seperti mandi.

Berbicara mengenai adab ketika berwudhu, maka jika wudhu dalam keadaan telanjang rasanya tidak etis, karena wudhu sendiri termasuk suatu ibadah yang berkaitan dengan Allah, dan Allah pun pasti melihat setiap hambanya yang melakukan ibadah tersebut. Maka akan lebih baikanya jika akan wudhu memakai pakaian terlebih dahulu.

Imam At Tirmidzi, Imam Abu Daud, dan Imam Ahmad meriwayatkan dari muawiyah bin haidah dia bertanya kepada Rasulullah saw :

"Wahai Rasulullah, manakah aurat kami yang harus kami tutupi dan yang kami biarkan terbuka?' Beliau menjawab : "Jagalah auratmu kecuali dari istrimu atau budakmu." Aku bertanya :"Bila dengan sejenis?" Beliau menjawab :"Bila kau mampu agar tidak ada seorang pun yang meilhatnya, maka jangan sampai ia melihatnya." Aku bertanya :"Bila salah seorang kami sendirian?" Beliau menjawab :"Hendaknya ia lebih layak malu kepada Allah dari pada kepada manusia." (At Tirmidzi berkata : Hasan)

Maka dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa hukum wudhu dalam keadaan telanjang sah-sah saja, akan tetapi lebih baiknya jika tidak dilakukan yang seperti itu. karena wlaupun manusia tidak melihat akan tetapi masih ada Allah yang melihat. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon