January 15, 2019

Bacalah Doa Ketika Mendengar Ayam Berkokok

Suara kokok ayam merupakan suara yang sangat disukai oleh Allah Swt. Saat ayam Jantan Berkok menandakan bahwasanya turunya malaikat membawakan Rahmat-Nya, Ketika Ayam berkokok kono ayam mengucapakan lafadz "La illa ha illallah" Dan saat itu pula kita dianjurkan untuk berdoa untuk memohon karunia dari Allah Swt.
Sementra jika kita mendengar ringikan keledai, maka kita dianjurkan untuk memohon perlindungan Allah Swt.  Mengenai ayam berkokok ada sebuah hadist yang menjelaskan yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan ada keterangan tambahan "pada malam hari".

"Apabila kalian mendengar ayam berkokok, di malam hari, sesungguhnya dia melihat malaikat. Karena itu mintalah kepada Allah Karunia-Nya." (HR Ahmad disahihkan Suaib Al-arnauth)

Rasulullah SAW menjadikan bunyi koko ayam pada malam hari sebagai pertanda kebaikan, dengan datangnya malaikat dan kita dianjurkan untuk seraya berdoa, dan ini merupakan bagian dari keistemewaan yang dimiliki oleh ayam.

Dari sebuah keterangan dari Al Hafidz Ibnu Hajar mengatakan bahwasanya ayam jantan memiliki keistemewaan yang tidak dimiliki oleh hewan lain, ayam juga bisa mengetahui perunahan waktu dimalam hari dan dia berkokok diwaktu yang tepat dan tidak pernah ketinggalan.

Adapaun doa yang dibaca ketika ayam berkokok adalah sebagai berikut :

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
Artinya :
"Tiada tuhan yang disembah selain Allah. Hai Tuhanku, aku meminta pada-Mu sebagian dari kemurahan-Mu."

Ternyata sungguh mulia hewan ayam dimata Allah, sampai-sampai ketika ayam berkokok kita dianjurkan untuk berdoa untuk meminta karunia dari Allah Swt.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon