January 15, 2019

Doa Sebelum Belajar Agar Ilmu Mudah Masuk Ke Akal

Belajar merupakan salah satu kewajiban bagi setiap muslim baik itu kaum laki-laki maupun perempuan. Bahkan sejak usian anak-anak sampai usia tua manusia masih diwajibkan untuk selalu belajar. Balajar atau menuntut ilmu sendiri merupakan perintah Allah kepada hambanya, dan kita sebagai hambanya wajib untuk menjalankan perintah tersebut.

Balajar atau menuntut ilmu sendiri merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kita, baik itu belajar tentang ilmu agama maupun belajar tentang ilmu dunia. Rasulullah SAW bersabda :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
Artinya :
"Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim baik itu laki-laki maupun perempuan" (HR Baihaqi)

Dari hadist diatas dapat disimpulkan bahwasanya mencari ilmu itu hukumnya wajib baik itu bagi laki-laki maupun perempuan. Sebelum kita belajar atau mencari ilmu kita sangat dianjurkan untuk berdoa, agar supaya dalam proses pembelajaran ilmu yang kita pelajari mudah masuk ke dalam pikiran dan bisa bermanfaat bagi kita sendiri maupun orang lain.

Banyak sekali versi doa yang dibaca sebelum memulai belajar, namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan doa yang diberikan oleh Al Imam Abdullah bin Alwi Al Haddad. Dan barang siapa yang ketika mau belajar membaca doa ini maka ilmunya akan tersambung kepada Al Imam Abdullah bin Alwi Al Haddad.

Al Imam Abdullah bin Alwi Al Haddad salah satu ulama dari Tarim Hadramaut dalam mengajar anak didiknya untuk selalu membaca doa yang dibaca sebelum melakukan sesi pembelajaran. Dan doa ini adalah salah satu doa yang selalu di ulang-ulang oleh pelajar atau santri Darul Mustafa Tarim.

Adapaun doa yang diajarakan oleh Imam Abdullah bin Alwi Al Haddad adalah sebagai berikut :
Artinya :
"Dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang, Aku niatkan untuk belajar dan mengajar, mengambil dan memberi manfaat, mengambil dan memberi peringatan, mengambil faedah dan memberi faedah, berpegang teguh pada kitab Allah dan sunnah Rasul sallahu alaihi wassalam, menyeru kepada petunjuk, menunjuk ke arah kebaikan, menuntut dan mencari keridhaan Allah, mendekatkan diri dan mendapat balasan dari-Nya."

Adapun doa yang umum atau biasa dilakukan adalah sebagai berikut :

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Artinya :
"Kami ridha Allah SWT sebagi Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan beriakan aku pengertian yang baik."

Itulah doa yang bisa anda baca ketika sebelum belajar agar ilmu yang dipelajari mudah masuk ke dalam akal pikiran. Semoga bermanfaat



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon