January 20, 2019

Niat Sholat Tahajud Lengkap Besrta Doanya

Sebelum membahas mengenai niat sholat tahajud alangkah lebih baiknya mengenal terelbih dahulu apa itu sholat tahajud, karena sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang amat besar manfaatnya dan sangat dianjurkan oleh Nabi Muhamad Saw.
foto by Darunnajah.com
Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu sepertiga malam yang akhir atau mendekati dua pertiga malam sampai menjelang waktu subuh, dan alangkah bainya sebelum mengerjakan sholat tahajut tersebut tidur terlebih dahulu. Sholat tahajud dalam bahasa arab disebut sholat Lail yang artinya sholat pada malam hari, adapaun jumlah rakaat shloat tahajud minimal 2 rakaat dengan sekali salam dan maksimal sebanyak-banyaknya sesuai dengan perintah Rasulullah Saw. Beliau pernah mengajarkan dengan 10 rakaat dan ditambah dengan 1 kali rakaat sholat witir, dan juga pernah mengajarkan dengan 8 rakaat ditambah dengan 3 witir. Jadi alangkah baiknya dalam mengerjakan sholat tahajud dibarengi atau diakhiri dengan sholat witir.

Adapun dalil mengenai diperintahkanya shloat tahjud ada pada dalam Al quran surat Al-isra ayat 79 yang berbunyi :
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
Artinya :
"Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-Mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji"

Dengan Melihat banyak sekali manfaat yang diperoleh dari menjalankan sholat tahajud alangkah baiknya jika kita bisa menjalankan sholat tahajut secara istiqamah. 

Adapaun Niat sholat tahajut adalah sebagai berikut :

USHALLI SUNNATAT TAHAJUTI RAKATAINI LILLAHITA'ALA

Artinya :
"Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat karena Allah taala"

Niat sendiri termasuk salah satu rukun dalam sholat, adapun melafalkan niat itu hukumnya sunnah. Sedangkan niat sendiri letaknya ada dalam hati seseorang masing-masing, jadi jika dalam sholat tidak melafalkan niat sholatnya tetap sah. Namun alangkah baiknya jika niat tersebut dibaca dan bersamaan niat di dalam hati.

Doa setelah sholat tahajud

ALLAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIHINNA. WALAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIHINNA. WALAKAL HAMDU ANTA NURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WAMAN FIHINNA. WALAKAL HAMDU ANTAL HAQQU WA'DUKAL HAQQU, WALIQAA'UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNARU HAQQUN WANNABIYUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUL SALLALLAHU ALAIHI WASALLAM HAQQUN, WASSA'ATU HAQQUN. ALLAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ALIKAA TAWAKALTU, WA ALAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ALAIKA HAAKAMTU, FAGHRIRLI MAA WADAMTU, WA MA AKH-HARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A'LANTU, WA MAA ANTA A'LANTU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU'AKHIRU, LA ILAAHA ILLA ANTA, WA LAA HAULA WA LAAQUWWATA ILAA BILLAH.

Arti Doa Sholat Tahajud

"Wahai Allah ! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (Raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah segala puji. Engkaulah cahaya langit langit serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah yang Hak (benar), janjimulah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, syurga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhamad SAW itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal, dan hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya kepada-Mu lah aku hadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosa ku, yang telah aku lakukan dan (mungkin) akan aku lakukan, yang ku rahasiakan dan yang terang-terangan, dan dosa-doa lainya yang lebih engkau lebih mengetahuinya dari pada aku. Engkaulah yang maha terdahulu dan yang maha terakhir. Tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah"

Demikianlah penjelasan mengenai niat sholat tahajud beserta doanya. Dan semoga kita dapat selalu istiqamah untuk menjalankan sholat tahajud. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon