January 18, 2019

Teks Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap Dengan Arab Dan Latinya

Telah kita ketahui bersama bahwasanya banyak sekali manfaat bagi orang yang gemar membaca dan mengamalkan bacaan sholawat. Adapaun Dalil tentang keutamaan sholawat sudah dijelaskan dalam Al quran surat Al Ahzab ayat 56 :
إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً
Artinya :
"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman Bersholawatlah kamu kepada Nabi dan ucapkan salam dengan penuh kehormatan."

Dari sebuah hadist juga telah dijelaskan :

Barang siapa yang bersholawat kepada Nabi satu kali, maka akan dibalas Allah 10 kali, hal ini sebagaiman hadist sahih berikut ini
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
Artinya :
"Barang siapa yang mengucapkan sholawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan padanya sholawat 10 kali." (HR Muslim)

Barang siapa yang bersholawat kepada Nabi 10 kali, maka akan menghapus kesalahn dan meninggikan 10 derajat, hal ini sebagaimana hadist Nabi berikut ini.

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطَيَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ
Artinya :
"Barang siapa yang bersholawat kepadaku 10 kali, maka Allah akan bersholawat kepanya 10 kali sholawat, dihapuskan darinya 10 kesalahan, dan ditinggikan baginya 1o kali derajat." (HR An-Nasa'i)

Sholawat Nariyah sendiri adalah salah satu sholawat yang banyak akan manfaatnya. Diantara manfaat sholawat nariyah sendiri adalah barang siapa yang mengamalkanya setiap sehabis sholat sebanyak 11 kali bacaan maka ganjaran untuknya adalah rezeki yang tidak akan putus-putus dan akan diangkat pangkat atau kedudukanya layaknya orang kaya.  

Disamping itu sholawat nariyah juga sebagai wasilah atau jalan tercapainya suatu cita-cita dan sebagai penolak sesuatu yang tidak diharapakan oleh kita. Dan tentunya masih banyak manfaat yang lain yang bisa didapatkan bagi orang yang mau mengamalkanya. 

Untuk pengarang sholawat nariyah sendiri adalah Syaikh Ibrahim At-Tazziy Al-Maghribi adalah salah satu ulama besar yang berasal dari negara Maroko.

Adapaun teks bacaan sholawat nariyah sendiri seperti yang sudah kita ketahui bahkan sudah hafal adalah sebgai berikut :

 بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِـــــــيْمِ
 
اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَ سَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِى تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَ تَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَ تُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَ تُنَالُ بِهِ

 الرَّغَائِبُ وَ حُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَ يُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَ عَلىٰ آلِهِ وِ صَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ


Versi Latin

"Allahuma sholli sholatan kamilaatan Wa salim salaaman taaman 'ala sayyidinaa Muhammadin Alladzi tanhalul bihil' 'uqadu, wa tanfariju bihil kurabu, wa tuqdhaa bihil hawaa'iju Wa tunnalu bihir raghaibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghomaamu bi wajhihil karimi, wa 'alaa aalihi', wa shahbihi 'adada kulli ma'luumin laka"

Artinya :
"Ya Allah, berikanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada Baginda kami Muhammad yang dengan terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengan pula ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, dan memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, dan kepada keluarganya, para sahabatnya, dengan seluruh ilmu yang engkau miliki."

Demikian mengenai teks bacaan sholawat nariyah lengkap dengan arab dan latinya serta beberapa manfaat didalamnya bagi orang yang mau mengamalkanya. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon