January 27, 2019

Ucapan Doa Untuk Orang yang Sakit Agar Lekas di Berkahi Kesembuhan

Doa merupakan sarana untuk memohon segala apa yang kita inginkan yang di tujukan semata-mata kepada Allah Swt. Dengan berdoa juga merupakan sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Allah Swt sendiri juga memerintahkan kepada manusia untuk senantiasa berdoa, sebagaimana firman Allah dalam surat Al mukmin ayat 60.
 ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ
Artinya : "Berdoalah kepada-ku, maka akan aku kabulkan" (Qs Al mukmin : 60)

Dari ayat di atas bahwasanya Allah sangat menganjurkan kepada manusia untuk senantiasa selalu berdoa kepada-Nya, meskipun dalam kondisi senang atau susah kita harus selalu memanjatkan doa.

sumber gambar cyberspaceandtime.com


Begitu pula jika ada sanak saudara atau kerabat kita yang sedang sakit, maka kita sebagai umat Islam harus senantiasa menjenguk dan mendoakan agar supaya cepat di berkahi kesembuhan, dan semua doa-doa yang kita ucapkan semuanya sudah Nabi ajarkan kepada kita semua dengan melalui ajaran Islam yang di bawanya.


Di dalam Al-Quran Qs Al-Baqarah Allah Swt jug berfirman.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُواْ لِي وَلْيُؤْمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Artinya :
"Dan apabila hamba-hamba-ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi segal perintah-ku dan hendaklah mereka beriman kepad-ku, agar mereka selalu dalam kebenaran." (Al-Baqarah : 168)

Al Imam A-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar mengutip sejumlah riwayat yang mana menceritakan Rasulullah ketika menjenguk para sahabatnya yang sedang sakit. Ada banyak riwayat yang menceritakan tentang doa apa yang Rasulullah ucapakan saat menjenguk sahabatnya tersebut.

Berikut ini salah satu doa Rasulullah untuk keluarganya sebagaimana di riwayatkan oleh Bukhari-Muslim dari Aisyah RA.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

"Allahumma rabban nasi, adzhibil ba'sa, Isfi anta Asfi. La syafiya illa anta sfifa'an la yughadiru saqaman"

Artinya :
"Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

Dalam riwayat lain Rasulullah membaca doa ini ketika meruqyah sahabatnya.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

"Amsal ba'sa rabban nasi. Biyadikas syifa'u . La kasyifa lahu illa anta.

Artinya :
"Tuhan manusia, sepuluh penyakit ini. Di Tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang bisa mengangkatnya kecuali kau. 

Di samping itu ketika kita menjenguk orang yang sedang sakit dan kemudian berdoa kita juga dapat menyebutkan langsung nama orang yang sakit tersebut. Hal ini di lakukan Rasulullah ketika menjenguk sahabtanya yang bernama sa'ad bin waqqash. 
اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

"Allahummasfi' sya'dan, Allahummasfi' sya'dan, Allahummasfi' sya'dan" 

Artinya  :
"Tuhanku sembuhkanlah sa'ad, Tuhanku sembuhkanlah sa'ad, Tuhanku sembuhkanlah sa'ad"

Keterangan : Ketika melakukan doa tersebut dalam kata sya'dan di ganti dengan orang yang sakit tersebut.
Demikianlah mengenai doa yang di ucapkan saa menjenguk orang yang sedang sakit agar lekas di berkahi kesembuhan. Dan semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon