February 23, 2019

Ingin Terhindar Dari Siksa Kubur? Berikut Ini Amalan Yang Bisa Anda Lakukan

Setiap perbuatan manusia yang di lakukan selama di dunia kelak akan di pertanggung jawabkan. Apabila sesorang melakukan perbuatan yang melanggar sesuai dengan syariat agama Islam maka akan mendapat balasan atas apa yang ia perbuat, sebaliknya jika semasa hidupnya gemar melakukan kebaikan maka akan terhindar dari siksa kubur dan bahkan akan mendapatkan nikmat kubur. Namun di samping itu juga ada sebagian orang yang beranggapan bahwa kematian dapat memutuskan seseorang dengan semua masalah yang di milikinya semasa hidup. Setelah meninggal seseorang tidak akan mendapat ujian sebagaimana semasa hidupnya. Oleh karena itu tak sedikit orang yang memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri untuk mengatasi masalah yang ada.
Pemikiran orang yang seperti itu tidaklah benar, karena setelah meninggal semua perbuatan yang dilakukan di dunia akan di pertanggungjawabkan. Ketika sudah di dalam kubur maka orang tersebut tidak akan bisa bertaubat kepada Allah, dan kebanyakan pasti akan menyesal dengan perbuatan yang sudah di lakukan.

Allah Swt juga sudah tentang siksa kubur, terutama siksa kubur yang akan di terima oleh Firaun dan kaumnya. Allah berfirman dalam Q.S Al Mu'min ayat 45-46.

فَوَقَاهُ اللَّهُ سَيِّئَاتِ مَا مَكَرُوا وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَابِ (٤٥)النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ (٤٦) وَإِذْ يَتَحَاجُّونَ فِي النَّارِ فَيَقُولُ الضُّعَفَاءُ لِلَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا إِنَّا كُنَّا لَكُمْ تَبَعًا فَهَلْ أَنْتُمْ مُغْنُونَ عَنَّا نَصِيبًا مِنَ النَّارِ

Artinya :
"Dan Firaun beserta kaumnya di kepung oleh azab yang sangat buruk. Kepada mereka dinampakan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya hari kiamat. (Dikatakan kepada malaikat) : Masukan Firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras."(Q.S Al-Mu'min 45-46)

Terkait fitnah kubur juga disebutkan dalam sebuah hadist berikut :
Asma' binti Abu Bakar berkata : Rasulullah berdiri, lalu menyebutkan fitnah yang akan melanda seseorang di dalam kuburnya. Setelah beliau menyebutkan hal itu, kaum muslimin berteriak dengan keras, sehingga manghalangiku untuk memahami sabda Rasulullah . Setelah teriakan mereka tenang, aku bertanya kepada seseorang yang berada didekatku  : Hai, Semoga Allah memberkahimu! Apa yang diucapakan Rasulullah diakhir sabda beliau?" Ia bersabda : "Sungguh telah diwahyukan kepadaku bahwa kalian akan mengahdapi ujian didalam kubur kalian yang menyerupai ujian Ad Dajjal." (HR Nasa'i No 2035).

Maka dari pada itu Rasulullah selalu berdoa agar dihindari dari siksa kubur. Dari Abu Hurairah ia berkata : "Aku mendengar setelah itu Rasulullah meminta perlindungan dari siksa kubur." (Hr Nasa'i 2034)

Untuk doanya sendiri coba anda hafalkan dan bisa anda amalkan agar di lindungi dari siksa kubur. Doanya sendiri adalah sebagai berikut :

"Allahumma Inni Audzubika min Adzabil Qabri wa min adzabinnar wa min fitnatil mahya walmamati wa min fitnatil masihid dajjal" (HR Bukhari Muslim)

Artinya :
"Ya Allah sesunggunya aku berlindung kepada-Mu dari siksaan kubur, siksa neraka jahanam, fitnah kehidupan dan setelah kematian serta dari kejahatan fitnah dajjal" (HR Bukhari Muslim)

Di samping sebagai pelindung siksa kubur doa ini juga sebagai pelindung siksa neraka, fitnah kehidupan dan fitnah dajjal. Doa ini biasanya dibaca pada sholat dan ketika tahyat akhir, dan anda bisa mengamalkan doa ini. Dan semoga setelah mengamalkan doa agar terhindar dari siksa kubur ini anda akan di lindungi dari siksa kubur.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon