February 7, 2019

Kapan Waktu Pelaksanaan Sholat Sunah Fajar? dan Apa Saja Manfaatnya

Sholat sunah fajar adalah salah satu sholat sunah yang yang di lakukan sebelum sholat subuh yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah Saw, dan bahkan beliau sampai tidak pernah untuk meninggalkanya. Sebuah amalan sholat sunah ringan namun besar akan manfaatnya, dan patut di amalkna oleh seorang hamba Allah Swt.  Sebagaimana dalam sebuah hadist Nabi Muhamad Saw sebagi berikut :
رَكْعَتَا اَلْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ اَلدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
Artinya :
"Dua rakaat fajar itu lebih baik dari pada dunia dan seisinya." (H.R Muslim)
sumber gambar Rumaysho.com
  
Kemudian juga di jelaskan dalam sebuah hadist dari Aisyah radiyallahu "anhu, beliau menceritakan :
لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَيِ الفَجْرِ
Artinya :
"Tidak ada sholat sunah yang lebih di perhatikan oleh Nabi sallallahu alaihi wa sallam dari pada dua rakaat fajar." (H.R Bukhari 1169)

Kapan Waktu Pelaksanaan Sholat Fajar?

Terkadang sebagian besar masih bingung mengenai kapan waktu untuk mengerjakan sholat sunah fajar ini. Terkadang masih ada orang yang menganggap bahwasanya sholat sunah fajar sama dengan sholat sunah Qabliyah subuh. Sholat fajar sendiri di lakukan sebelum adzan subuh sedangkan sholat Qabliyah subuh di lakukan setelah adzan subuh. Dan jelas ini merupakan sebuah pemahaman yang kurang benar, karena sholat sunah fajar sendiri adalah sholat Qabliyah subuh.
Diantara petunjuk Nabi Muhamad Saw dalam melakukan sholat sunah fajar ini adalah dengan cara meringkas dan tidak memanjangkan bacaanya, dengan syarat tidak meninggalkan perkara-perkara wajib yang ada pada sholat.
Sebagaimana yang di jelaskan dalam riwayat Aisyah radisyallahu 'anuhu :
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ بَيْنَ النِّدَاءِ وَالْإِقَامَةِ مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ
Artinya :
"Dahulu Nabi salallahu alaihi wa sallam sholat dus rakaat ringan antara adzan dan iqamat sholat subuh." (H.R Bukhari 584)
Aisyah radisyallahu 'anuhu juga menjelaskan mengenai ringanya sholat Nabi salallahu alaihi wa sallam dengan mengatakan :
  النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُخَفِّفُ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الصُّبْحِ حَتىَّ إِنِّيْ لأَقُوْلُ : هَلْ قَرَأَ بِأُمِّ الْكِتَابِ؟
Artinya :
"Nabi salallahu alaihi wa sallam meringankan dua rakaat sholat sunah subuh sebelum sholat fardhu subuh, sampai-sampai aku bertanya : "Apakah beliau membaca surat Al Fatikhah?" (H.R Bukhari 1095 dan Muslim 1189)

Dari penjelasan hadist di atas menunjukan sunnahnya untuk meringkas atau memperpendek ketika dalam melakukan sholat sunah sunuh. Akan tetapi hal itu meninggalkan hal yang ada pad rukun shloat.

Lakukan di Rumah

Nabi salallahu alaihi wa sallam mencontohkan kepada umatnya untuk senantiasa membiasakan sholat sunnah di rumah dan memerintahkan agar rumah kita di isi ibadah sholat sunnha. Sebagaimana sabda Rasulullah salallahu alaihi wa sallam :
اجْعَلُوا فِى بُيُوتِكُمْ مِنْ صَلاَتِكُمْ ، وَلاَ تَتَّخِذُوهَا قُبُورًا
Artinya :
"Jadikanlah sholat sunnah kalian di rumah kalian. Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan." (H.R Bukhari 1187)

Dalam hadist lain Rasulullah salallahu alaihi wa sallam :
أَفْضَلُ صَلاَةِ الْمَرْءِ فِى بَيْتِهِ إِلاَّ الْمَكْتُوبَةَ
Artinya :
"Sebaik-baik sholat seseorang adalah sholat di rumah kecuali sholat wajib." (H.R Bukhari no 731 dan Akhmad 5:156, dengan lafdz Ahmad)

Manfaat Sholat Sunnah Fajar

Sudah di ketahu bersama bahwasanya manfaat yang akan di dapat sesuai hadist Nabi di atas, bahwasanya orang yang mau mengerjakan sholat sunnah fajar maka pahalanya lebih baik dunia dan seisinya.

Kesimpulan 

Sholat sunnah sama istilahnya denga sholat sunnah rawatib atau qabliyah subuh. Sebagian orang membedakan ke dua sholat ini di karenakan adanya kesalah pahaman. Namun semuanya itu sama yaitu di kerjakan setelah adzan subuh.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon