February 27, 2019

Ketahuilah Ada 6 Kewajiban Muslim Terhadap Muslim Lainyanya

Sejatinya umat muslim yang satu dengan yang lainnya adalah saudara. Adapun kewajiban muslim yang satu dengan yang lainnya sudah di jelaskan secara rinci dalam Islam. Contoh misalkan ada salah satu diantara saudara kita yang tersakiti maka kita juga ikut tersakiti, dan kita juga wajib bersatu jangan sampai antara muslim yang satu dengan muslim yang lainnya sampai terpecah belah. Saudara sesama umat muslim itu bisa diibaratkan dengan bangunan yang kokoh yang saling mengutkan satu dengan yang lainnya.
Ada enam hak yang sesama muslim dan itu sangat perlu diperhatikan, ada yang tergolong wajib ada juga yang tergolong sunnah. Sebagaimana dalam hadist Nabi Saw berikut ini :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ – رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya :
"Dari Abu Hurairah r.a ia berkata, bahwa Rasulullah Saw bersabda. "Hak muslim kepada muslim lain ada enam" (1) Apabila ia bertemu maka ucapkanlah salam kepadanya, (2) Apabila engkau diundang, maka penuhulah undangannya, (3) Apabila engkau dimintai nasihat, maka nasihatilah mereka, (4) Apbila dia besin dia memuji Allah (mengucapkan alhamdulilah), doakanlah dia dengan mengucapkan "yarhamukallah", (5) Apabila dia sakit, jenguklah dia, dan (6) Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya sampai ke pemakaman." (H.R Muslim no. 2162)
Dari hadist diatas dapat disimpulkan bahwa kewajiban muslim terhadap muslim lainya ada 6 yaitu :

1. Mengucapkan salam

Islam sendiri sangat menganjurkan apabila ia bertemu dengan sesama muslim maka ucapkanlah salam. Ucapan salam sendiri merupakan suatu adab atau akhlak yang sangat dianjurkan baik itu ketika bertemu dengan muslim atau ketika dalam suatu kegiatan tertentu. Bahkan hal ini sudah diajarkan sejak zaman Rasulullah Saw. Adapun menjawab salam sendiri hukumnya adalah fardhu ain.

2. Memenuhi undangan

Yang kedua ini juga merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim. Ketika anda mendapat undangan oleh tetangga atau saudara sesama muslim maka wajib untuk memenuhi undangan tersebut. Contoh undangan walimatul ursy, walimatul khitan, dan undangan yang lainnya. Kecuali ada halangan yang memang benar-benar tidak bisa maka hal yang demikian diperbolehkan untuk tidak memenuhinya. Sebagaimana dalam hadist Rasulullah berikut ini:

"Dan siapa yang tidak memenuhi (undangannya) maka dia telah maksiat kepada Allah dan Rasulnya" (H.R Bukahari Muslim)

3. Apabila engkau dimintai nasihat maka nasihatilah
Jika ada salah satu saudara kita yang meminta kita untuk menasehati, maka nasihatilah dengan hal-hal yang positif dan membawa dampak yang baik terhadap orang yang dinasehatinya. Baik itu urusan dunia maupun urusan akhirat. Hal juga sangat dianjurkan dalam islam, namun jika tidak dimintai maka tidak wajib untuk menasehati.
4. Menjawab bersin
Orang yang bersin disunahkan untuk mengucap alhamdulilah, dan bagi yang mendengar diperintahkan untuk membaca "yarhamukallah" lalu orang yang bersin tersebut mengucapkan "yahdikumullah".
5. Menjenguk orang sakit
Ketika ada saudara atau tetangga kita sesama muslim ada yang sakit maka dianjurkan untuk menjenguk, atau sekedar mendoakan agar sakitnya tersebut bisa segera sembuh. Jumhur ulama berpendapat bahwa menjenguk orang yang sakit hukumnya adalah sunah, namun apabila yang dijenguk tersebut adalah saudara dekat (masih punya hubungan mahram) maka hukumnya sadalah wajib

6. Mengiringi jenazah sampai ke pemakaman

Mengantarkan jenazah sampai ke pemakaman hukumnya adalah fardhu kifayah, jika satu kamoung sudah ada yang mewakili maka kewajibanya sudah gugur. Namun alangkah baiknya jika setiap orang juga mau mengiringi jenazah. Disamping mengiringi jenazah juga mensholati jenazah.

Islam selalu menganjurkan untuk saling menghormati, kemulian dan kedamaian kepada umatnya yang selalu mengadakan hubungan antara yang satu dengan yang lainnya untuk mewujudkan rasa kasih sayang dan persaudaraan diantara mereka. Dan untuk menjalin hubungan khususnya dalam berhubungan di masyarakat ada enam kewajiban yang harus dipenuhi terhadap muslim yang lainnya.
Namun jumlah disini tidak menjadika patokan, karena masih ada banyak kewajiban yang lian seperti dalam hadist Rasulullah :
لا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ
Artinya :
"Tidaklah beriman seseorang diantara kalian sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (H.R Bukhari no. 13 dan Muslim no. 45 Dari Anas bin Malik r.a)
 Itulah beberapa kewajiban muslim dengan muslim yang lianya yang harus dipenuhi dan dilaksankan, ada yang wajib dan juga ada yang sunnah. Dan semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon