February 8, 2019

Nikah Beda Agama Dalam Islam Apakah di Perbolehkan?

Penikahan merupakan salah satu ibadah yang sangat di anjurkan dalam Islam. Adapun hukum nikah sendiri adalah sunnah muakkad (sunnah yang sangat di anjurkan). Menikah merupakan suatu bentuk ibadah sebagai pelengkap kesemempurnaan ibadah kepada Allah Swt. Dengan pernikahan juga bisa menghindarkan seseorang dari perbuatan kemaksiatan, selain itu juga untuk menghasilkan keturunan yang lebih baik.
sumber gambar islamedia.web.id

Sebagai mana firman Allah dalam Qs Ar-rum ayat 21berikut ini

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًۭا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةًۭ وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍۢ لِّقَوْمٍۢ يَتَفَكَّرُونَ
Artinya :
"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, suapaya kamu cenderung merasa tentram kepadanya, dan di jadikan-Nya diantaramu ras akasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian ini benar-benar terdapat tanda bagi kaum yang berpikir." (Qs Ar-rum : 21)

Banyak terjadi dalam kehidupan orang yang menikah berbeda agama, entah itu muslim dan non muslim ataupun sebaliknya, Nah yang menjadi pertanyaan bolehkah pria muslim menikah dengan wanita non muslim ataupun sebaliknya?

Al Quran memperbolehkan pria muslim menikah dengan Ahlul kitab, orang yahudi dan orang kristen. Karena, alsasanya adalah agama Yahudi dan agama Kristen tidak mengajui Nabi Muhamad sebagi Nabi. Boleh jadi dia dulunya pembohong, bukan nabi (kata mereka).

Sebaliknya, Islam mengakui Nabi Isa sebagai Nabi, islam membenarkan seorang muslim lelaki mengantar istrinya ke gereja. Nah, sehingga islam membenarkan pria muslim menikah dengan Ahlul kitab, bukan sebaliknya (perempuan muslim menikah dengan ahlul kitab). Karena hal yang demikian ini di khawatirkan, kalau lelaki yang non muslim ia menikah dengan muslimah, bisa jadi ia di paksa.

Akan tetapi ulam-ulama sekarang, termasuk salah satunya adalah Buya Hamka dalam tafsirnya berkata :
"Sekarang mestinya di larang deh semuanya, Biarlah yang muslim nikah dengan muslimah atau sebaliknya. Agar supaya semakin dekat dengan budaya dan nilai-nilai semakin besar untuk hidup."

Sumber Prof. Dr. Qiraish Shihab

Namun mayoritas ulama dari 4 madzhab yang berbeda-beda semuanya mengharamkan pernikahan beda agama. Boleh menikahinya asalkan sudah beriman atau muallaf. Hal yang demiian ini berdasarkan dengan dalil yang ada pada Al quran surat Al-Baqarah ayat 221 dan Al Mumtahanah ayat 10 menjelasakn bahwasanya orang-orang muslim di larang menikahi wanita musyrik. Dan hukum menikahi orang kafir tidak dihalalkan dalam Islam.

وَلاَ تَنكِحُواْ الْمُشْرِكَاتِ حَتَّى يُؤْمِنَّ وَلأَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِّن مُّشْرِكَةٍ وَلَوْ أَعْجَبَتْكُمْ وَلاَ تُنكِحُواْ الْمُشِرِكِينَ حَتَّى يُؤْمِنُواْ وَلَعَبْدٌ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌ مِّ
  مُّشْرِكٍ وَلَوْ أَعْجَبَكُمْ أُوْلَئِكَ يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ وَاللّهُ يَدْعُوَ إِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِإِذْنِهِ وَيُبَيِّنُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ 
Artinya :
"Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum merek beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mu'min lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan prang-prang musyrik (dengan wanita-wanita mu'min) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mu'min lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke syurga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah Allah) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran." (Q.S Al-Baqarah : 21)

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwasanya menikah berbeda agama tidak di anjurkan dalam islam, bahkan hal yang demikian ini di haramakan. Walaupun ada yang memperbolehkan namun ahli budak pada zaman dahulu berbeda dengan zaman sekarang. Lebih baik selagi ada yang muslim maka pilihlah pasangan hidup yang seiman, sebab syarat utama dalam mencari pasangan salah satunya adalah yang baik akhlaknya, sehingga akan terciptanya keluarga yang sakinah mawadah warahmah.

Itulah mengenai penjelasan nikah beda agama dalam islam, dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon