March 14, 2019

8 Keutamaan Mengahadiri Majlis Ilmu yang Perlu diketahui

Majilis taklim merupakan salah satu sarana pendidikan non formal yang mana bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Majlis taklim banyak kita jumpai entah itu di masjid, pondok pesantren atau tempat lain yang dijadikan sebagai sarana tempat menyampaikan ilmu agama.
 Dilihat dari segi hukumnya mengahadiri majlis taklim merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim, karena merupakan sarana untuk menuntut ilmu. Namun seiring dengan perkembanganya zaman di zaman sekarang banyak orang yang enggan mengahadiri majlis taklim dan mereka malah mementingkan kesibukan dirinya masing-masing.

Maka beruntunglah bagi anda sekalian yang masih meneyempatkan untuk mengahdiri atau belajar ilmu agama di suatu majlistaklim, karena dengan menghadirinya selain kita mendapatkan pahala juga bisa sebagai sarana obat hati yang paling mujarap.

Ada banyak sekali keutamaan yang bisa anda dapatkan bagi yang gemar mengahdiri majlis taklim, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Dimudahkan jalan menuju syurga

Barang siapa yang keluar dari rumahanya dengan tujuan untuk menuntut ilmu syar'i, maka ia termasuk orang yang sedang menempuh jalan menuntut ilmu. Sebagaimana sbada Nabi Saw :

مَن سلَك طريقًا يطلُبُ فيه عِلْمًا، سلَك اللهُ به طريقًا مِن طُرُقِ الجَنَّةِ
Artinya :
"Barang siapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalanya untuk menuju syurga." (HR Tirmidzi no. 2682 Abu Daud no. 364, dan disahihkan Al Albani dalam shahih Abu Daud )

2. Mendapatkan Ampunan dari Allah

Rasulullah Saw bersabda :

"Tidaklah duduk suatu kaum, kemudia ia berdzikir kepada Allah dalam duduknya hingga ia berdiri, melainkan dikatakan oleh malaikat kepada mereka. Berdirilah kalian, sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa-doa kalian dan keburukan-keburukan kalian pun telah diganti dengan berbagai kebaikan." (HR At Tabrani)

3. Seolah berada di taman syurga

Ibnu Qayim ra berkata :

"Barang siapa yang ingin menempuh taman-taman syurga di dunia, hendaklah ia menempati majlis-majlis dzikir, karena ia adalah taman-taman syurga."

Rasulullah juga bersabda :

"Jika kalian melewati taman syurga, maka singgahlah dengan hati senang." Para sahabta kemudia bertanya, "Apakah taman syurga itu?" Beliau menjawab, Halaqah-halaqah dzikir atau halaqah ilmu." (HR Tirmidzi)

4. Merupakan jihad fisabilillah

Orang yang berangkat ke masjid untuk menuntut ilmu syar'i maka dianggap sebagai jihad fisabilillah. Nabi Saw bersabda :

مَن دخَل مسجِدَنا هذا لِيتعلَّمَ خيرًا أو يُعلِّمَه كان كالمُجاهِدِ في سبيلِ اللهِ ومَن دخَله لغيرِ ذلكَ كان كالنَّاظرِ إلى ما ليس له
Artinya :
"Barang siapa yang memasuki masjid kami ini (masjid nabawi) untuk mempelajari kebaikan atau untuk mengajarinya, maka ia seperti mujahid fisabilillah. Dan barang siapa yang memasukinya buka tujuan tersebut, maka ia seperti orang yang sedang melihat sesuatu yang bukan miliknya." (HR Ibnu Hibban no. 87, dihasankan Al Albani dan sahih Al Mawardi, 69)

5. Mendapat naungan dari malaikat

Barang siapa yang mengahdiri majlis dzikir atau majlis ilmu maka ia akan mendapatkan naungan dari malaikat. Rasulullah Saw bersabda :

"Dan sesungguhnya para malikat akan meletakkan sayap-sayapnya kepada para penuntut ilmu karena ridha atas apa yang telah dilakukan."

6. Menjadi pewaris para Nabi

Rasulullah Saw bersabda :

"Keutamaan orang alim ahli ibadah adalah seperti keutamaan bulan pada malam purnama atas seluruh bintang-bintang. Sesungguhnya ulama adalah pewaris Nabi. Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar atau dirham, tetapi mereka mewariskan ilmu. Maka barang siapa yang mengambilnya, sesungguhnya ia telah mengambil bagian yang sempurna." (HR Ahmad)

7. Terlindung dari azab Allah

Rasulullah Saw bersabda : "Dunia ini terkutuk dengan segala isinya, kecuali dzikrullah (taat kepada Allah) dan yang serupa itu, berilmu dan penuntut ilmu." HR At Tirmidzi)

8. Berkumpul dengan yang dicintai kelak di akhirat

Rasulullah Saw bersabda : "Sati diantara tuju golongan kelak diakhirat yang mendapat perlindungan Allah yaitu, ijtima' alaihi wa tafarraqa alihi, berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah." (Hr Bukhari Muslim)

Itulah beberapa keutamaan bagi orang yang mau menghadiri majlis taklim, dan ada banyak ilmu yang dapat dipelajari dalam majlis taklim itu sendiri. Meningat banyaknya keutamaan yang di dapat dalam menghadiri majlis taklim, maka rugilah bagi orang yang tidak mau mengahdirinya. Dan semoga kita semua tergolong sebagi orang yang gemar mengahdiri majlis taklim. Amin


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon