March 13, 2019

Amalan Mustajab Pelunas Hutang Lengkap Beserta Doanya

Setiap orang kebanyakan pasti pernah melakukan yang namanya berhutang. Dalam hal ini yang kita bahas adalah mengenai hutang masalah duniawi atau hutang dalam bentuk uang. Ketika orang dalam keadaan mendesak atau kepepet masalah uang pasti jalan satu-satunya yaitu dengan berhutang. Hutang merupakan perkara yang mudah adapaun yang sulit adalah bagaimana cara melunasinya.



Namun semua itu bisa anda selesaikan dengan jalan yang diridhoi Allah. Nah daripada itu bagi anda sekalian yang sedang bergelut dengan masalah hutang pada kali ini saya akan memberikan beberapa amalan dzikir pelunas hutang lengkap dengan doanya yang bisa anda lakukan dan anda amalkan.

Al Habib Ali bin Husein Al Attas atau lebih dikenal dengan Habib Ali Bungur (ulama masyhur ditanah Betawi) dalam kitab Al Qirthos-nya menyebutkan satu riwayat:

ﻳﺮﻭﻱ ﺍﻥ ﻣﻦ ﺻﻠﻲ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻗﺒﻞ ﻃﻠﻮﻉ ﺍﻟﻔﺠﺮ ‘ ﻳﻘﺮﺍﺀ ﻓﻲ ﻛﻞ ﺭﻛﻌۃ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤۃ ﻭﺍﻳۃ ﺍﻟﻜﺮﺳﻲ ﺛﻼﺙ ﻣﺮﺍﺕ ﻭﺍﻟﻜﺎﻓﺮﻭﻥ ﻣﺮۃ ﻭﺍﻻﺧﻼﺹ ۱۱ ﻣﺮۃ ﺛﻢ ﻳﻘﻮﻝ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻔﺮﺍﻍ : ﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺤﻤﺪﻩ ﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ﺍﺳﺘﻐﻔﺮﺍﻟﻠﻪ ۱۰۰ ﻣﺮۃ ‘ ﻗﻀﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﺩﻳﻨﻪ ﻭﻭﺳﻊ ﻋﻠﻴﻪ ﺭﺯﻗﻪ .

Barang siapa shalat dua raka'at sebelum terbit Fajar. Dalam setiap raka'atnya ia membaca :

1) Al-Fatihah

2) Ayat Kursi 3x

3) Surat Al-Kafirun 1x

4) Surat Al-Ikhlas 11x

Kemudian setelah shalat ia membaca:

ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻩِ ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴﻢِ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُ ﺍﻟﻠﻪ

“Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim astaghfirullah“  sebanyak 100x .. Maka dengan kehendak Allah insya Allah dengan berbagai jalan yang telah ditentukan oleh Allah hutang tersebut akan lunas dan  akan melapangkan rizkinya. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin..

Bagi Anda yang ingin mengamalkan ijazah di atas, katakan “Qobiltu“ (saya terima).

Adapaun doa lain yang bisa anda baca untuk melunasi hutang adalah,

اللَّهُمَّ فَارِجَ الْهَمِّ, كَاشِفَ الْغَمِّ, مُجِيْبَ دَعْوَةِ الْمُضْطَرِّيْنَ, رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَ الْأَخِرَةِ وَ رَحِيْمَهُمَا,أَنْتَ تَرْحَمُنِيْ فَارْحَمْنِيْ رَحْمَةً تُغْنِيْنِيْ بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ. اللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَ أَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَ الْحَزَنِ, وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَ الْكَسَلِ, وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَ الْبُخْلِ, وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَ قَهْرِ الرِّجَالِ
Artinya :
"Ya Allah Dzat yang maha menghilangkan kesumpekan, Dzat yang maha mengungkap kesumpekan, Dzat yang maha mengabulkan doa orang yang terancam tertimpa bahaya, Dzat yang maha pengasih lagi maha penyayang. Engkau menyayangik, maka sayangilah aku dengan rahmat-Mu yang mana telah memberi kecukupan kepadaku dari rahmat selain-Mu. Ya Allah cukupkanlah akau dengan keagungan-Mu dari keharaman-Mu, cukupkanlah aku dengan keutamaan-Mu tanpa mengharap selain-Mu. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesumpekan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan rasa malas, aku berlindung kepada-Mu dari kebodohan dan kebakhilan, aku berlindung kepada-Mu dari banyaknya hutang dan kekerasan."

Disamping amalan diatas ada juga hal lain yang bisa mendasari hutang tersebut bisa lunas, yaitu :
1. Perbaiki Ibadah Anda

2. Merenunglah dengan apa yang anda lakukan selama ini.

3. Pasrahkan urusan anda hanya semata kepada Allah saja.

4. Berbuat baiklah kepada orang tua.

Istiqomahkanlah amalan tersebut. Terkadang Allah tidak langsung mengabulkan doa seseorang, melainkan mengenai seberapa usaha orang tersebut meminta kepada Allah.

Demikianalah mengenai amalan mustajab pelunas hutang lengkap beserta doanya yang bisa anda lakukan dan amalkan, dan semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon