March 16, 2019

Doa Penutup Acara Majelis (Kafaratul Majelis)

Dalam ajaran agama Islam ketika memulai dan mengakhiri sebuah pertemuan di suatu majelis atau yang lainnya disunahkan untuk dimulai dan diakhiri dengan membaca d
oa, agar supaya pertemuan tersebut senantiasa mendapat rahmat dari Allah SWT. Hal yang demikian dalam Islam juga sudah dibiasakan mulai dari taman kanak-kanak baik itu belajar ilmu agama dan ilmu umum.

Lalu bagaimana doa penutup majelis atau yang biasa disebut dengan kafratul majelis?

Adapun lafadz dari doa penutup majelis adalah sebagai berikut :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

"Subhana kallahumma wa bihamdiak asyhadu allaa ilaaha illa anta ataghfiruka wa atuubu 
 ilaika"
 Artinya :
"Maha suci engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku memohon ampunan dan bertaubat kepada-Mu."

Keterangan dalil doa kafaratul majelis
Dari Aisyah R'anhu ia berkata : "Setiap Rasulullah salallahu'alaihi wasallam duduk di suatu tempat, setiap membaca Al Quran dan setelah selesai shalat, beliau mengakhirinya dengan beberapa kalimat"

Beliau bersabda : "Ya barang siapa yang berkata baik dan ditulis pada kebaikan itu (pahala bacaan kalimat tersebut), barang siapa yang berkata jelek, maka kalimat tersebut merupakan penghapusnya. (kalimat tersebut adalah doa diatas tadi)

Nah adapaun kegunaan dari doa penutup majelis ini adalah sebagai bentuk pujian dan permohonan maaf barang kali kita yang dalam suatu majelis tersebut ada perkataan atau perbuatan yang tidak baik dan tidak berguna agar mendapat ampunan dari Allah SWT dan tidak terulang kembali pada pertemuan yang berikutnya baik dimanapun dan kapanpun. 

Disamping itu juga sebgai bentuk rasa penghormatan kepada Allah SWT dzat yang maha pengasih lagi maha penyayang kepada setiap mahluknya. Dan dengan membaca doa tersebut kita berharap agar ilmu yang kita pelajari bisa bermanfaat baik itu bagi sendiri maupun bagi orang lain.

Demikianlah mengenai doa penutup acara majelis atau kafaratul majelis, semoga kita bisa mengamalkan doa tersebut secara istiqamah dan juga bisa bermanfaat. Amin

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon