March 29, 2019

Kumpulan Doa Keselamatan Lengkap Beserta Artinya

Setiap manusia pasti ingin yang namanya selamat, baik itu selamat di dunia dan selamat di akhirat. Selamat sendiri dapat diartikan terhindar dari segala marabahaya, keburukan yang akan menimpa dirinya. Dan dari pada itu, agar kita selalu diberikan keselamatan dan sudah sewajarnya kita sebagai umat Islam untuk selalu berdoa kepada Allah SWT.

Doa sendiri merupakan senjata bagi umat Islam. Dengan doa semua hal yang kita harapakan insya Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT. Namun terkabulnya doa seseorang itu adalah hak Allah dan tergantung usaha manusia itu sendiri.

Ada banyak sekali macam-macam doa keselamatan yang bisa anda lakukan. Doa selamat sendiri biasanya dibaca pada penghujung doa atau sebagai pelengkap dalam berdoa, dan biasanya dibaca setelah melakukan sholat fardhu ataupun sholat sunnah yang lain.

Untuk lebih jelasnya mari simak ulasa dibawah ini :

Berikut ini adalah macam-macam doa keselamatan lengkap beserta artinya yang bisa anda pelajari dan hafalakan

Bacaan Doa Keselamatan

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

"Allahhumma innaa nas aluka salamatan fid dinni wa 'aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barokatan firrizqi wa taubatan qablal mauti wa rahmatan 'indal mauti wa maghfirotan ba;dal mauti"
Artinya :
"Ya Allah kami memohin kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati serta rahmat diwaktu mati, dan kampunan setelah mati."

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

"Allahhuma hawwin 'alaina fii sakaratil mauti wannajaata minan nari wal'afwa indal hisaabi."

Artinya :
"Ya Allah,mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan."

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

"Rabbanaa laa tuakhidzna innasinaa au akhto;naa wa laa tahmil 'alina isron kama hamaltahu 'alal ladzina min qablina. Rabbanna wa laa tuhamilnaa maa laa thooqoto lanaa bihi wa'fua'naa waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa 'alal qaumil kafiriin."

Artinya :
"Ya Allah jangan siksa kamikarena lupa atau bersalah. Ya Allah jangan bebankan pada kamibeban berat seperi kau bebankan pada orang sebelum kami. Ya Allah, jangan kau pikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Ampunilah dan maafkanlah kami, serta rahmatilah kami. kaulah penolong kami, maka tolonglah kami untuk mengalahkan orang-orang kafir." (QS Al Baqarah : 286)

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

"Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idzhadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah innaka antal wahhab"

Artinya :
"Ya Allah, jangan kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berikanlah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya engkau maha pemberi."

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Rabbanaa atinaa fid dunyaa hasanah wa fil akhirati hasanatan waqina adza ban naar"

Artinya :
"Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan hidup di dunai dan kbaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

Itulah mengenai bacaan doa selamat lengkap beserta artinya. Dan doa tersebut hendaknya dibaca setelah melakukan sholat fardhu atau sholat sunnah yang lainnya, atau pada setiap kali kesempatan agar terhindar dari mara bahaya yang tidak kita inginkan dan meninmpa pada kita. Semoga bermanfaat
 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon