April 2, 2019

7 Pesan Atau Pelajaran Penting Dari Sayidina Ali bin Abi Thalib

Sahabat Ali bin Abi Thalib merupakan sahabat ke empat yang menggantikan Nabi Muhammad setelah wafat. Beliau mendapat gelar "karamahullahu wajhah" karena wajahnya penuh dengan kemuliaan. Disamping itu beliau juga dijuluki sebgai pintunya ilmu. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Radiallahuanhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda :

أنا مدينة العلم ، وعلي بابها ، فمن أراد العلم فليأته من بابه
Artinya :
"Aku adalah kotanya ilmu dan Ali adalah pintunya, maka barang siapa yang menghendaki ilmu maka datangilah."

selain itu sahabat Ali juga memberikan pelajran penting yang dapat kita amlakan dalam kehidupan setiap harinya. Adapun 7 pelajaran penting atau pesan dari sahabat Ali adalah sebagai berikut :
1. Jangan bicara tentang hartamu dihadapan orang miskin

Maksuntnya adalah ketika anda sekalin sedang bersama dengan orang yang miskin atau kurang mampu maka jangan sekali-kali untuk menceritakan harta yang kamu punya, karena dengan menceritakanya diakhawatirkan bisa menyakiti orang miskin tersebut.

2. Jangan bicara kesehatanmu dihadapan orang sakit

Ketika kamu sekalian sedang bersama orang yang sakit, maka jangan sekali-kali untuk menceritakan kesehatan yang kamu miliki kepada orang yang sakit tersebut, karena dapat menyakiti perasaanya.

3. Jangan bicara kekuatanmu dihadapan orang lemah

Jangan sekali-kali ketika kamu menceritakan sebuah kekuatan uang kamu miliki kepada orang yang lemah, baik itu kekutan lahir maupun batin. Karena hal yang demikian itu bisa menyakiti orang tersebut.

4. Jangan bicara soal kebahagian dihadapan orang yang sedih

Ketika kamu sedang bahagian jangan sekali-kali menceritankanya dihadapan orang yang sedang sedih, karena bisa mengakibatkan iri hati.

5. Jangan bicara soal kebebasan dihadapan orang yang terpenjara

Janganlah berbicara mengenai sebuah kebebasan dihadapan orang yang terpenjara, karena dengan hal itu bisa menyakiti orang tersebut.

6. Jangan bicara tentang ankmu dihadapan orang yang tidak mempunyai anak

Jangan sekali-kali menceritakan tentang ankamu dihadapan orany yang tidak mempunyai anak, karena hal yang demikian juga bisa menyakiti perasaan orang yang tidak atau belum mempunyai anak.

7. Jangan bicara orang tuamau dihadapan anak-anak yatim

Dan yang terakhir jangan bicara soal orang tuamau dihadapan anak yatim piatu, karena mereka tidak mempunyai anak dan juga dapat menyakiti perasaanya.

Karena ke tujuh orang diatas sudah cukup terluka dengan ujiannya. Dan kita yang masih diberi kenikmatan yang luar biasa oleh Allah SWT hendaknya selalu bersyukur dan hindarilah ke tujuh pesan yang disampaikan oleh sahabta Ali bin Abi Thalib. Dan kapan waktunya juga kita pasti akan mendapat ujian atau cobaan dari Allah SWT yang terkadang tidak kita bayangkan.

Demikinalah mengenai tujuh pesan atau pelajaran penting dari sahabat Ali bin Abi Thalib yang dapat kita amalkan dan ambil hikmahnya. Smeoga bermanfaat




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon