April 29, 2019

8 Macam Rezeki yang Allah Janjikan Kepada Hambanya

Berbicara mengnai rezeki memamg tidak ada yang tahu, semua itu adalh hak progresifnya Allah SWT dalam pengaturanya. Rezeki, jodoh, maut adalah hal yang sudah ditetapkan Allah sejak manusia dilahirkan. Setiap manusia memiliki rezeki yang berbeda-beda, sebagaimana yang sudah dijelaskan tadi bahwaq sudah ditetapkan takaranya masing-masing sejak manusia belum dilahirkan.
Namun tugas kita sebagai manusia adalah diwajibkan untuk selalu berusaha dan berikhtiyar sesuai dengan jalan yang benar untuk menjemput rezeki tersebut, disamping itu kita juga harus tahu bagaimana cara mendapatkan rezeki tersebut. Mungkin banyak diantara kita yang sudah bekerja siang malam namun masih biasa-biasa saja, terkadang juga ada pula yang kerjanya bisa dibilang mudah namun rezekinya lancar dan tanpa hambatan. Hal tersebut merupakan bukti bahwa kekuasaan Allah yang mengatur rezeki setiap orang.

Sebenarnya kalau kita mau belajar, bahwasanya Allah sudah mengajari hambanya untuk mendapatkan rezeki yang melimpah dan bagaimana cara menjemputnya gara rezeki tersebut datang kepada kita. Adapun cara mendapatkan rezeki tersebut sudah Allah terangkan dalam Al-Quran dalam beberapa ayat yang terdapat dalam berbagai surat.

Berikut ini 8 macam rezeki dari Allah yang akan diberikan kepada hambanya :

1. Rezeki yang Telah Dijamin.

Sebagai mana firman Allah dalam Qs Al-Hud ayat 6 berikut ini.

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ
Artinya :
"Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) dibumi melainkan semuanya dijamin oleh Allah rezekinya". (QS Hud : 6)

2. Rezeki Karena Usaha

Allah SWT berfirman dalam Qs An-Najm ayat 39.

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَى
Artinya :
"Tidaklah manusia tidak mendapat apa-apa kecuali apa yang ia kerjakan". (Qs An-Najm ayat 390)

 Contoh rezeki karena usaha : Orang yang dulunya miskin berkat keuletanya sekarang menjadi kaya

3. Rezeki Karena Bersyukur

Hal ini sesuai dengan firman Allah berikut ini.

لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Artinya :
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti kami akan menambah nikamt kepadamu". (QS Ibrahim : 7)

4. Rezeki Tak Terduga

Allah SWT berfirman dalam QS At-Talaq ayat 23.

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ
Artinya :
"Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka". ( QS At-Talaq : 23)

5. Rezeki Karena Istifgfar

Allah berfirman dalam QS Nuh ayat 10-11.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا
 Artinya :
"Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah maha pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan memperbanyak harta". (QS Hud : 10-11)

6. Rezeki Karena Menikah

Allah berfirman :

وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ
Artinya :
"Dan nikahlah orang-orang yang masih membujang diantar kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan karuni-Nya". (QS An-Nur : 32)

7. Rezeki Karena Anak

Allah berfirman :
وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ
Artinya :
"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yanga menanggung rezeki mereka dan juga rezeki bagimu". (QS Al-Isra' : 31)

8. Rezeki Karena Sedekah

Allah berfirman :
مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً
Artinya :
"Siapakah yang mahu memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infaq, sedekah) maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya de ngan lipatan yang banyak". (QS Al-Baqarah : 245)

Itulah 8 macam rezeki dari Allah yang akan diberikan kepada hambanya sesuai dengan janjinya dalam Al quran. Semoga dengan penjelasan kali ini dapat meningkatkan iman kepada Allah bahwasanya Allah akan menjamin rezeki seluruh hambanya. Semoga bermanfaat
 




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon