April 6, 2019

Bacaan Tasbih Beserta Manfaatnya yang Begitu Luar Biasa

Berdzikir merupakan salah satu bentuk ibadah kita kebadah Allah SWT, dengan berdzikit juga akan membuat hati menjadi tenang. Banyak sekali macam-macam dzikir yang bisa anda lakukan setelah selesai sholat maupun dalam keadaan apapun. Salah satu dzikir yang sangat besar pahalanya adalah dzikir dengan kalimat tasbih (Sunhanallah) yang mana artinya adalah maha suci Allah. Tasbih sendiri adalah kalimat untuk mengagungkan dan mensucikan Allah.

Banyak sekali keterangan dalam Al quran dan hadist yang memerintahkan kepada umat manusia untuk selalu berdzikir kepada Allah, salah satunya adalah dalam surat Al Ahzab 41-42.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا الَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا. وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلً
Artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah dengan mnyebut nama Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbilah kepadanya di waktu pagi dan petang."

Dalam ayat tersebut mengandung makna menyuruh kepada manusia untuk selalu berdzikir kepada Allah di waktu pagi dan petang.

Tidak hanya diterangkan dalam Al quran saja dalam hadist pun dijelaskan, sebagai mana dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya adalah : Rasulullah SAW bersabda : "Ucapan yang paling Allah sukai adalah empat : Subhanallah, Alhamdulilah, La illa ha illallah, Allahu akbar. Tidak ada bahaya dari manapun kamu mulai." (HR Muslim). Maka dari pada itu jika ada sebuah perintah yang datangnya dari Allah yaitu berupa ayat Al quran dan dari Rasulullah yaitu berupa hadist maka perintah tersebut sangat dianjurkan untuk kita amalkan setiap harinya.

Adapun bacaan tasbih sendiri adalah sebgai berikut :

Bacaan tasbih ini saya kira sudah menjadi suatu bacaan yang sudah tidak asing lagi ditelingan umat Islam dan sudah biasa diamalkan setiap harinya khususnya setelah melaksanakan sholat fardhu. Bacaan dzikir tasbih ini juga termasuk kedalam syaidul istighfar.

 Manfaat Membaca atau Mengamalkan Bacaan Tasbih

Banyak sekali manfaat yang didapat bagi siapa saja yang mau mengamlakan bacaan tasbih. Adapun salah satu manfaatnya adalah sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadist bahwa dengan tasbih kita akan mendapatkan 1000 kebaikan dan bisa menghapus 1000 dosa. "Hendaknya ia membaca 100 x tasbih, maaka ditulis seribu kebaikan baginya, dan seribu kejelekanya akan dihapus".

Adapun manfaat lain adalah :

1. Akan mendapat ampunan semua dosa, baik itu dosa yang sudah lewat maupun dosa yang baru saja dilakukan, dan bahkan bisa memberatkan amal timbangan baik nanti dihadapan Allah SWT.

2. Allah akan menjanjikan balasan syurga bagi orang yang mau atau membiasakan mengamlakan bacaan tasbih.

3. Dengan membaca tasbih bisa menjadikan salah satu alat bukti (kesaksian) bagi perbuatan seseorang pada hari kiamat.

Tasbih merupakan dzikir yang paling ringan untuk diucapakan namun pahalanya begitu sangat besar di sisi Allah SWT.

Hal ini sesuai dengan hadist Nabi SAW sebagai berikut :
"Ada dua kalimat yang ringan atas lidah, tetapi berat diatas timbangan dan sangt dicintai oleh Allah yang maha pemura, yaitu subhanallah wabihamdihi, subhanallahil adzim (maha suci Allah yang maha agung)." (HR Bukhari-Muslim).

Ternyata begitu besar manfaat yang akan kita peroleh bagi siapa saja yang mau mengamlkan dzikir dengan tasbih. Oleh karena itu hendaknaya dimanapun kita berada dan dalam keadaan apapun hendaknya selalu berdzikir kepada Allah agar hati kita mendapat ketenangan dan akan terhindar dari perbuatan kemaksiatan yang menyesatkan. Dan sebaik-baik perkataan adalah dzikir dan seburuk-buruk perkataan adalah musyrik dan maksiat.

Demikinalah mengenai bacaan tasbih beserta manfaatnya, dan semoga kita selalu di berikan istiqamah untuk selalu berdzikir kepada Allah salah satunya adalah dengan membaca kalimat tasbih.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon