April 22, 2019

Lafadz Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab dan Latin

Selain ibadah puasa wajib juga ada ibadah puasa sunnah, salah satunya yaitu puasa sunnah di hari senin dan kamis. Puasa senin kamis sendiri adalah salah satu diantara ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Anjuran untuk menjalankan puasa senin kamis ini yang mana langsung diperintah dan dicontohkan oleh baginda Rasulullah semasa hidupnya, dimana beliau menyambut hari senin kamis dengan menjalankan puasa. Sehingga sudah selayaknya kita sebagai umat beliau sebisa mungkin untuk selalu menjankan apa yang beliau lakukan dan perintahkan.
Sebagaimana ibadah yang lainnya bahwa sebelum melakukan ibadah harus didahului dengan niat terlebih dahulu, karena sah atau tidaknya suatu ibadah tergantung dari niat. Namun melafalkan niat sendiri hukumnya adalah sunnah, yang terpenting sudah niat didalam hati.

Adapaun lafadz niat puasa senin kamis adalah sebagai berikut :

Niat Puasa Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITU TSAUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNTAN LILLAHI TA'ALA"

Artinya : "Saya niat puasa sunah hari senin karena Allah ta'ala".

Niat Puasa Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITU TSAUMA YAUMAL KHOMISII SUNNTAN LILLAHI TA'ALA"

Artinya : "Saya niat puasa sunah hari kamis karena Allah ta'ala".

Karena puasa senin kamis sendiri adalah suatu ibadah maka tidak boleh meninggalkan yang namanya niat, karena niat sendiri merupakan rukun dari puasa. Dan apabila sengaja tidak melakukan niat maka puasanya tidak sah. Namun jika lupa tidak berniat pada malam harinya maka boleh berniat di waktu pagi yaitu sampai dengan waktu subuh tiba.
Mengapa Rasulullah menyukai puasa senin kamis?

Hal ini sesui dengan hadist berikut 

عَنْ اَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ ؟ فَقاَلَ ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ اَوْ اٌنْزلَ عَلَيَّ فِيْهِ
Artinya : "Dari Abu Qatadah r.a sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya tentang puasa senin kamis. Maka beliau menjawab : "Hari senin adalah hari dimana kelahiranku, hari mulai aku diutus atau hari mulai diturunkanya wahyu." (HR Muslim)

Demikianlah mengenai lafadz puasa senin kamis yang perlu kita ketahui, dan khususnya bagi yang masih awam dengan ilmu agama bisa untuk refrensi belajar. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon