April 11, 2019

Manfaat Membaca Surat Al Kahfi Pada Malam Jum'at

Hari jumat sendiri adalah malam yang sangat istimewa dan penuh keberkahan khususnya bagi kaum muslimin. Hari jumat merupakan hari yang mulia dan banyak sekali manfaat yang ada pada hari tersebut. Sebagaimana diternagkan dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim yang berbunyi :

"Sebaik-baik hari adalah hari jumat, pada hari itu nabi Adam AS diciptakan, pada hari itu pula dia dimasukan ke syurga, pada hari itu dia dikeluarkan dari syurga, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali hari jumat." (HR Muslim)
Salah satu amalan yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW pada malam jumat yaitu membaca surat Al Kahfi. Terkadang banyak orang yang lalai akan amalan yang satu ini atau bahkan sebagian orang lain belum mengetahui amalan yang satu ini. Padahal membaca surat Al Kahfi pada malam jumat sendiri adalah amalan yang mustajab dan banyak sekali keutamaan atau manfaat yang dapat diperoleh bagi siapa saja yang mau mengamalkannya.

Hadist Tentang Membaca Suarat Al Kahfi

Hadist Pertama

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ
Artinya :
"Barang siapa yang membaca Al kahfi pada malam jum'at, dia akan disinari cahaya antara dia dan ka'bah." (HR Al Darimi. Syekh Al Albanimengatakan bahwa hadist ini shahih sebagaimana dalam shohihul jami no. 647)

Hadist Kedua

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
Artinya :
"Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam jum'at, dia akan disinari cahaya diantara dua jum'at." (HR An Nasai dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini shahih sebagaimana dalam shohihul jami no. 6470)

Keutamaan Membaca Suarat Al Kahfi Pada Malam Jum'at

1. Akan Mendapat Cahaya Terang di Hari Kiamat

Dari beberapa keterangan hadist diatas dijelaskan bahwasanya bagi siapa saja yang membaca surat Al Kahfi pada hari jum'at atau pada siang harinya maka akan diberikan cahaya (disinari). Dan cahaya ini akan diberikan kelak besok pada hari kiamat yang memanjang dari bawah telapak kakinya sampai langit.

2. Menangkal Fitnah Dajjal

Adapun manfaat yang kedua barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malalm jum'at sebagaima yang dikabarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai penangkal fitnah dajjal. Sebagian riwayat menerangkan 10 dari ayat yang pertama dan keterangan lain 10 ayat terakhir. 

Sebagaimana yang sering kita dengar diceritakan bahwa ada salah satu makhluk yang sangat buruk yang memiliki satu mata pada dahinya. Dajjal memiliki kulit merah dan badan yang besar. Diceritakan pula bahwa dajjal akan turun pada akhir zaman yang man munculnya dari segitiga bermuda. Dajjal sendiri merupakan salah satu tanda hari kimat.

Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa :

"Dajjal tidak akan munculsehingga manusia melupakannya dan para imam meninggalkan untuk mengingat diatas mimbar-mimbar." (HR Ahmad)

3. Diampuni Dosanya Oleh Allah

Tidak dipungkiri bahwasanya setiap manusia pasti mempunyai salah dan dosa, baik itu yang disengaja atau tidak. Dan sebaik-baik manusia adalah mereka yang mau bertaubat yaitu salah satunya dengan membaca surat Al Kahfi. Diriwayatkan dari sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda :

"Siapa yang membaca surat Al Kahf, maka jadilah baginya cahaya dari bawah kaki sampai ke langit dan akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya diantara dua jumat." 

Demikianlah manfaat yang akan diperoleh bagi siapa saja yang mau bahkan mengamlakan surat Al Kahfi pada malam jumat. Ternyata begiyu banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan membaca surat Al Kahfi, dan sungguh sangat rugi bagi orang yang tidak mengamalkannya. Semoga kita tergolong orang yang senantiasa mengamalkan surat Al Kahfi khussusnya pada malam jumat.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon