April 28, 2019

Niat Mengganti Puasa Qadha Ramadhan Sesuai Dengan Sunnah

Niat mengganti puasa ramadhan atau mengqadha puasa tidak hanya dilafalkan saja akan tetapi harus diucapkan dalam hati. Apabila seseorang akan melaksanakan puasa qadha ramadhan sebaikanya dilakukan setelah hari raya, dan ini merupakan yang lebih utama dari pada mengulur-ulur waktu untuk menjalankan qadha puasa. Karena bila dikerjakan lebih cepat adalah lebih baik.
Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang ke empat setelah zakat. Setiap muslim maupun muslimah ketika sudah baligh maka wajib untuk menjalankan ibadah puasa wajib atau biasa disebut puasa pada bulan ramadhan. Namun dalam Islam sendiri ada namanya "Rukhsoh" atau keringanan yang divberikan agama kepada orang-orang yang tidak mampu menjalankan kewajiban tersebut karena adanya alasan tertentu yang tidak bisa menjalankan ibadah puasa.

Adapaun hal yang dilarang dalam Islam ketika ingin berpuasa ramadhan adalah : haid, sakit, musafir dan udzur menurut agama.Meski diberikan keringanan namun bukan berarti tidak menjalankan puasa sepenuhnya, akan tetapi wajib menggantinya pada hari yang lain atau biasa disebut dengan qadha.

Mungkin salah satu diantara kita sering meninggalkan puasa terutama bagi seorang wanita yang tiap bulanya pasti datang bulan. Maka dari pada itu, sebelum bulan ramadhan datang lagi hendaknya kita sudah membayar atau mengqadha puasa yang telah ditinggalkan pada ramadhan sebelumnya dan hukumnya sendiri adalah wajib. Ingat bahwasanya orang yang meninggalkan puasa ramadhan sama halnya orang tersebut berhutang kepada Allah SWT. Dan setiap hutang wajib untuk dibayar terlebih hutang kepada Allah.

Sebagaimana dalam hadist Rasulullah berikut ini :

"Berhutang kepada Allah lebih berhak untuk ditunaikan." (HR Muslim)

Oleh karena itu bagi kalian yang belum tahu mengnai niat mengqadha niat puasa ramadhan alangkah baiknya jika sudah hafal niatnya agar bisa segera untuk membayar hutang puasa ramadhan yang telah ditinggalkan. Adapun niat atau lafal niat puasa qadha adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA GHODIN 'AN QADHAA'IN ROMADHOONA LILLAHI TA'ALA

Artinya :
"Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu ramadhan karena Allah ta'ala."

Itulah mengnai niat mengganti puasa qadha ramadhan. Apabila anda memiliki hutang puasa ramadhan tahun lalu maka segeralah untuk dibayar sebelum datang lagi puasa ramadhan tahun ini. Dan semoga kita selalu diberikan kesehatan dan panjang umur agar terus bisa bertemu bulan ramadhan yang kan datang. Semoga bermanfaat


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon