April 2, 2019

Rahasia Bulan April Menurut Mbah Maimoen Zubair

Siapa yang tak kenal dengan Romo K.H Maimoen Zubair? beliau lahir pada tanggal 28 oktober 1928, sekarang umurnya sudah sekitar 90 tahun. Beliau merupakan kayai sekaligus ulama yang masih hidup pada zaman sekarang. Beliau juga banyak dijadikan sebagai rujukan dalam berbagai bidang ilmu agama seperti ilmu fiqih, ilmu hadist dan ilmu agama yang lainnya. Beliau adalah pengasuh ponpes Al Anwar sarang Rembang.

Romo KH. Maimoen Zubair dawuh, “Titeni yo Cung, angger wulan April kok nyekel duwit, alamat setahun nggowo duwit, iki ora ono kitabe tapi keno gawe titenan.” Namun ini tidak ada satu hadist atau kitab yang menjelaskan mengenai hal itu, akan tetapi bisa buat pegangan.

Ketika Allah menghendaki untuk menampakkan hakikatnya yang terpuji, dan memunculkannya sebagai jasmani dan ruhani dalam bentuk dan pengertiannya, Allah memindahkan Nur Muhammad dari punggung Sayyid Abdullah ke kandungan Sayyidah Aminah az-Zuhriyyah, dan kejadian ini terjadi pada tanggal 10 bulan Rajab.

Diserukan di langit dan di bumi bahwa Aminah mengandungnya. Dan berembuslah angin sepoi-sepoi basah di pagi hari, angin dari arah selatan Arab, yaitu Yaman ke arah utara, yaitu Kota Madinah dan Kota Makkah.

Seperti diketahui, bahwa Yaman adalah daerah di sebelah selatan Saudi Arabia dan merupakan daerah yang dekat dengan pantai seperti Hadhramaut. Seperti diisyaratkan

وصبا كل صب لهبوب نسيم صباه

Mengapa ada angin laut selatan berhembus ke daratan utara? Hal itu karena sudah memasuki bulan Oktober yang mengandung hujan. Hujan itu kemudian menumbuhkan hijaunya tumbuhan dan bumi diberi pakaian berupa sutra tebal dari tumbuh-tumbuhan setelah lama gersang. Seperti diisyaratkan.

وكسيت الأرض بعد طول جدبها من النبات حللا سندسية

Musim hujan dimulai pada saat rasi bintang Libra (الميزان) yaitu 23 September sampai 22 Oktober, dan berakhir pada rasi bintang pisces (الحوت) yaitu 20 Februari sampai 20 Maret. Hal ini diisyaratkan al-Quran dengan kata شتاء yang bermakna penghujan, pada firman Allah.

لإيلاف قريش إيلافهم رحلة الشتاء والصيف

Kata syita’ didahulukan dalam penyebutannya daripada kata shaif yang bermakna kemarau menunjukkan bahwa tahun itu sejatinya dimulai pada resi bintang Libra yaitu awal Oktober. Hal ini dikuatkan dengan firman Allah
لمسجد أسس على التقوى من أول يوم أحق أن تقوم فيه

"Sesungguhnya masjid yang dibangun atas dasar taqwa dari permulaan hari, itu lebih berhaq kamu mendirikan padanya."

Permulaan hari di sini adalah permulaan hari pada resi bintang Libra.

Demikinalah mengenai rahasia bulan april menurut mbah maimoen zubair yang bisa kita ambil pelajaranya. Semoga bermanfaat


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon