May 7, 2019

Amalan Agar Selama Puasa Dihindarkan Dari Kehausan

Pada saat kita menjalankan ibadah puasa pasti mengalami rasa kehausan dan kelaparan, lebih-lebih lagi ketika masuk waktu siang hari maka rasa haus akan semakin melanda dan itu adalah hal yang wajar bagi orang yang berpuasa. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi dan air yang biasanya kita lakukan pada waktu sarapan pagi. Sedangkan ketika berpuasa kita melewatkan yang namanya sarapan pagi, namun kita melakukan sarapan atau yang biasa disebut dengan sahur lebih awal lagi yaitu sekitar jam 3-4 pagi. Agar terhindar dari rasa kehausan berikut ini ada amalan yang bisa anda lakukan pada saat menjalankan puasa.

Amalan ini didapatkan dari Abah Guru Sekumpul, yaitu salah satu wali Allah yang berasal dari kalimantan tepatnya yaitu martapura. Beliau pernah mengamalkan kepada jamaahnya mengani amalan agar terhindar dari kehausan saat berpuasa.

Abah Guru Zaini Sekumpul Berkata:
"Kalau kamu ingin pada bulan puasa tidak merasa kehausan, setelah sahur ambil secangkir air putih lalu baca surah al-kautsar 7x, kemudian tiupkan ke air tersebut. minum air tersebut dan bagikan kepada keluarga (anak, istri)"
Fadilahnya insya Allah tidak merasa haus mulai sahur sampai hendak berbuka karena minum air tersebut sama dengan minum telaga kautsar.


Selain itu juga ada aktifitas lain yang bisa anda lakukan setiap harinya agar tidak mersakan kehausan saat berpuasa, antara lain adalah :


1. Melakukan kegiatan yang bermanfaat

2. Perbanyak makan buah dan sayur ketika malam hari atau ketika sahur

3. Tidak terlalu makan yang asin dan manis saat berbuka

4. Jangan perbanyak tidur

Amalan ini didapatkan dari Guru Bangil, dan Beliau pun mengamalkannya.


Demikianlah mengenai amalan agar terhindar dari kehausan saat berpuasa yang bisa anda lakukan dan amalkan. Semoga puasa kita lancar dan berkesempatan untuk mengamalkannya dengan harapan barakah dari para Auliya Allah dan syafaat Rasulullah SAW. Amin

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon