May 25, 2019

Niat Puasa Syawal, Tata Cara dan Keutamaannya

Puasa syawal adalah salah satu diantara puasa sunnah yang sangat dianjurkan bagi kaum muslimin. Hukum puasa sunnah syawal sendiri adalah sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Mengenai hukum puasa syawal sendiri yaitu sesuai dengan hadist Nabi Muhammda SAW berikut ini.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
Artinya :
"Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemusian mengikutinya enam hari dibulan syawal. maka ia seperti puasa setahum." (HR Muslim)

Sungguh sangat beruntung bagi orang yang mau menjalankan puasa sunnah dibulan syawal ini, karena cukup dengan berpuasa enam hari dibulan syawal pahalanya seperti puasa satu tahun.

Waktu Puasa Syawal

Puasa syawal sendiri dilakukan enam hari dibulan syawal, yaitu mulai tanggal 2 syawal atau setelah sehari hari raya idul fitri. Adapun ketika hari raya sendiri diharmakan untuk berpuasa. Sedangakn untuk tata cara pelaksanaanya menurut Imam Syafi;i dan Hanafi, puasa syawal lebih diutamakan biloa dikerjakan secara berurutan yaitu sejak tanggal 2 syawal sampai dengan tanggal 7 syawal.

Niat Puasa Syawal

Semua telah diketahui dan telah disepakati oleh para ulama bahwasanya niat sendiri letaknya adalah ada didalam hati. Niat tidak harus dengan dilafadzkan, karena melafalkan niat bukanlah termasuk kedalam syarat. Akan tetapi akan lebih baikanya lagi jika keduanya sama-sama dilakukan. Karena dengan melafalakan niat bisa membantu hati dalam menghadirkan niat. 

Nah bagi kalian yang melafalkan niat atau sedang mencari mengenai lafal niat puasa sunnah syawal adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ سِتَةٍ مِنْ شَوَالٍ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى
 Nawaitu shauma ghodin 'ansittatain syawali sunnatal lillahi ta'ala

Artinya ;
"Saya berniat puasa sunnah enam hari bulan syawal karena Allah ta'ala"

Tata Cara Puasa Syawal 

Untuk tata cara puasa sunnah syawal sendiri adalah sebagi berikut :

1. Puasa sunnah syawal dilakukan selama enam hari setelah hari raya idul fitri

2. Lebih utamanya jika dilakukan sehari setelah hari raya idul fitri, namun juga tidak apa-apa jika pelaksanaanya diakhirkan selama masih bulan syawal.

3. Puasa syawal sebaiknya jika dikerjakan secara berurutan yakni sejak tanggal 2 syawal sampai dengan tanggal 7 syawal.

4. Diysahan untuk mengerjakan puasa Qadha terlebih dahulu agar mendapat pahal puasa sunnah syawal yaitu pahalanya sama dengan puasa selama atau tahun penuh.

5. Puasa syawal boleh dikerjakan pada hari jumat atau sabtu.

Keutamaan Puasa Sunnah Syawal

Untuk keutamaanya sebagai mana sudah dijelaskan diatas bahwa pahala bagi orang yang puasa syawal adala seperti puasa satu tahun. Hal ini sebagai mana dalam hadist Nabi berikut ini :

نْ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ :مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا
Artinya :
"Dari Tsyauban, bekas budak Rasulullah SAW, dari Rasulullah SAW bersabda : "Barnag siapa puasa enam hari dibulan syawal setelah hari raya idul fitri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal." (HR Ibnu Majah Al Hafidz, Abu tahir mengatakan bahwa hadist ini adalah shahih)

Rasulullah SAW juga bersabda dalam bebrapa hadist shahih berikut ini.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
Artinya :
"Barang siapa berpuasa dibulan Ramadhan, kemudian mengikutinya enam hari dibulan syawal, maka ia seperti puasa setahun." (HR Muslim)

Demikianlah megenai pembahsan puasa sunnah pada bulan syawal yaitu mulai dari niat, tata car adan keutamaan yang kan diperoleh bagi yang mau mengerjakan pauasa sunnah ini. Semoga bermnafaat


 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon