June 26, 2019

5 Perkara yang Harus di Segerakan Dalam Islam

Menegerjakan segala sesuatu dengan tergesa-gesa meruapakn sifat dari syetan, bisikan syetan selalu mengajurkan kepada orang untuk untuk melakukan dengan cepat supaya perbuatan tersebut tidak sempurna, oleg sebab itu jika mengerjakan sesuatu dengan sempurna beraerti anda sudah mampu menjegah bisikan dari syetan.

Nabi Muhammad SAW pun pernah bersabda : "Tergesa-gesa itu perbuatan syetan, kecuali lima perkara"

Al Imam Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa bersegera yang dimaksut adalah memanfaatkan kesempatan dengan semaksimal mungkin sesuai dengan waktunya. Sedangakn yang disebut tergesa-gesa adalah mengambil sesuatu sebelum pada waktunya. Dengn demikian dapat disimpulkan bahwa bersegera adalah pertengahan diantara sikap teledor dan sikap terburu-buru sebelum waktunya tiba,. Maka dari pada itu teladan yang pantas kita contoh adalah Rasulullah SAW.

Pepatah lama mengatakan "Tak akan lari gunung dikejar" Kalimat ini menyadarkan dalam sebuah kegiatan tidaklah terlalu tergesa-gesakarena sesuatu tujuan akan tercapai bila kita melakukan dengan suatu yang sudah direncanakan.

Namun kaidah ini memiliki pengecualian, tidak semua sesuatu yang dikerjakan secara tergesa-gesa menimbulkan efek buruk. Bahkaan hal ini disunahkan sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Hatim Al Asham yang dikutip dalam Hilyatul Aulia


العجلة من الشيطان إلا في خمسة فإنها من سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم: إطعام الطعام، وتجهيز الميت، وتزويج البكر، وقضاء الدين، والتوبة من الذنب

Artinya : "Tergesa-gesa bagian dari kelakuan syetan, kecuali dlama lima hal, pertama memberi makan tamu, kedua mengubur jenazah, ketiga menikahkan anak perawan, keempat membayar hutang dan yang kelima bertaubat atas segala dosa".

5 Perkara yang Harus di Segerakan

1. Menjamu Tamu

Menjamu tamu meruapakan perbuatan yang mulia, bahkan ketika ada tamu yang datang keruamah kita merupakan sebuah pertanda akan datangnya rezeki bagi kita.

Rasulullah SAW bersabda :

"Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya memuliakan tetangganya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya memuliakan tetangganya." (Mutafaqun Alaih)

Menjmu tamu juga tak boleh ditunda-tunda . Dalilnya dikuatkan dalam sebuah hadist berikut ini :

"Sesungguhnya orang terbaok diantara kalian adalah orang yang memberi makan".

2. Menyegerakan Mengurus Jenazah

Demikian pula dalam hal mengurus jenazah, hal ini juga harus disegerakan dan sesungguhnya hal ini merupakan sunnah Rasulullah SAW. Sebagaimana dalam hadist shahih berikut ini :

"Dari Abu Hurairah R.A dari Nabi salallahu alaihi wa sallam bersabda, "Bersegeralah dalam mengurus jenazah. Jika ia orang sholeh maka kebaikanlah yang akan kalian persembahkan kepadanya, tetapi jika ia tidak seperti itu maka keburukanlah yang kalian letakkan dari atas pundak-pundak kalian."

3. Menikahkan Anak Perawan

Hal yang demikian ini sangat perlu diketahui oleh setiap orang tua atau wali nikah yang mana mempunyai tanggung jawab untuk menikahkan anak perawan/wanita yang masih dalam kekuasaannya.

Hal ini sesuai dengan hadust Rasulullah, "Barang siapa yang menikahkan anak perempuanya, maka pada hari kiamat akan menghadap Allah dengan memakai mahkota ."

4. Menyegerakan Membayar Hutang

Utang meruapakan urusan yang sangat penting bagi manusia baik itu di dunia maupun kelak diakhirat nanti. Utang sendiri perlu untuk segera dilunasi, karena dengan hutang bisa menjadi penghalang bagi kita untuk mendapatkan kenikmatan kelak di akhirat nanti. 

Rasulullah sendiri sangat tegas sekali dalam masalah hutang, sebagaimana dalam haist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a.

"Sesusunggungny yang paling disntara kalian adalah yang paling baik dalam membayar hutang"

Hadist lain juga menerangkan dalam hal hutang piutang.

"Menunda-nunda membayar hutang dari yang mampu adalah kelaziman ." (Hr Bukhari Muslim)

5. Bertaubat Atas Segela Dosa

Adapun perkara yang harus disegerakan yang terakhir adalah bertaubat atas segala dosa. Mengapa hal ini dianjrkan untuk disegerakan? Karena kita tidak tahu kapan ajal akan menjemput kit, hal ini tentunya sangat rugi jika kita meninggal dalam keadaan belum sempat bertaubat.

Rasulullah SAW bersabda : "Hai kalian manusia! Taubatlah kalian kepada Allah dan mintalah ampun kepada-Nya, karena sesunggunya Aku bertaubat kepada ALlah dalam sehari sebanhyak seratus kali." (HR Muslim)

Rasulullah juga mengajarkan doa agar umatnya untuk segera bertaubat.

"Tuhan, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau maha penerima taubat lagi maha pengampun." 

 Inilah lima perkara yang harus disegerakan dan dijamin tidak minimbulkan hal yang negatif. Mudah-mudahan kita digolongkan oleh Allah SWT sebagai hambanya yang bersegera dalam lima hal ini.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon