June 2, 2019

Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Arab dan Artinya

Sebagai manusia dan seorang muslim, tentunya kita hanya bisa memohon dan meminta doa agar terhindar dari segala mara bahaya yang akan menimpa kita dan datangnya tidak pernah diketahui, salah satunya dengan cara memanjatkan doa selamat.
Sering kali kita mendengar baik itu ketika sholat jamaah atau dalam suatu majlis ilmu mendengar para ustad atau imam membaca doa selamat namun tidak banyak yang paham maksud dan tujuan dan artinya. Bagi kalian semua yang belum tahu mengenai doa selamat atau masih dalam tahap belajar, pada kalai ini akan saya berikan mengenai doa selamagt dunia akhirat lengkap beserta arab dan artinya. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Bacaan Doa Selamat

Berikut ini adalah doa selamat sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al Quran pada surat Al Baqarah ayat ke 286 berikut ini :

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Bacaan Doa Selamat Latin

RABBANA LAA TUAKHIDNA INNA SINNA AU AKHTA'NA 'RABBANA WALA TAHMIL ALAINAA ISRAN KAMAA HAMALATAHU ALALLADZINA MIN QABLINAA RABBANA WALA TUHAMILNAA MAA LA THOO QATA LANAA BIHII 'WA'FU ANNAA WAGHFIRLANAA WATARHAMNAA ANTA MAULANAA FANSURNAA ALALQUMIL KAFIRIINA

Artinya :
"Ya Allah, janganlah engkau siksa kamikarena kami lupa atau bersalah, Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Engkau bebankan pada orang sebelum kami, Ya Allah, janganlah Engkau pikulkan pada kami apa yang mana tidak sanggup untuk kami pikul. Ampunilah dan maafkanlah, serta rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami untuk mengalahkan orang-orang kafir." (Qs Al Baqarah : 286)

Doa Selamat Panjang

Selain doa diatas, ada juga doa selamat panjang namun sering singkat yang mana telah sering dibacakan dan juga sering kita dengar setelah selesai sholat ataupun dalam suatu majelis, dan berikut ini adalah doanya :

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadamu keslamatan dalam agama, kesehatan dalam tubuh, bertambah dalam ilmu, dan keberkahan rizki, taubat sebelum mati, mendapat rahmat sebelum mati, dan mendapat ampunan sesudah mati. Ya Allah ya Tuhanku ringankanlah saya dari sakaratul maut, lepasakan dari api nerakadan mendapat maaf ketika dihisab. Ya Allah jangnlah engkau goyahkan kamiketika kami sudah mendapatkan petunjuk, beri kami rahmatmu yang maha pengasih. Ya Allah berikan juga hamba kebaikan didunia dan akhirat dan jauhkan kami dari siksa apai beraka."

Disamping itu juga ada doa yang biasa dikenal dengan doa sapu jagad. Disebut dengan sapu jagad karena doa ini walaupun pendek namun khasiatnya sangatlah dahsyat dan banyak manfaatnya. 

Doa Sapu Jagad

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Doa Sapu Jagad Latin

RABBANAA ATINAA FID DUNYAA HASANAH WA FIL AKHIRATI KHASANATA WA QINAA ADZAABAN-NAARI

Artinya :
"Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan hidup didunia dan kebaikan diakhirat, dan jagalah kami dari siksa apai neraka."

Untuk doa sapu jagad sendiri Rasulullah juga memerintahkan untuk selalu membaca doa ini, dan jangan sampai meninggalkannya. Sebagai mana dalam hadist yang diriwayatkan Abu Daud berikut ini.
Dari Aisyah radiyallahu'anhaa, beliau berkata :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ
Artinya :
"Rasulullah SAWenyukai doa-doa yang singkat padat dan meninggalkan selain itu." (HR Abu Daud : 1482)

Itulah mengenai beberapa doa selamat dunia akhirat, dan agar terhindar dari segala mara bahaya. Sempga dengan doa ini bisa menambah manfaat dan memberi wawasan bagi anda yang belum tahu.




 

 


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon