July 19, 2019

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Dengan Arab dan Terjemahnya

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu matahari terbit sampai sekitar 15 menit sebelum memasuki shalat duhur, shalat ini mempunyai kedudukan yang sangat mulia di sisi Allah SWT.  Dan untuk mengenai bilangan rakaat sholat dhuha minimal 2 dan maksimal 12 rakaat. Namun yang terpenting istiqamah menjalankan terlebih nanti kalau udah berjalan bisa ditambahi rakaatnya.

Rasulullah bersabda mengenai jumlah rakaat sholat dhuha

مَنْ صَلَّى الضُّحٰى اِثْنَتٰى عَشَرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللهُ لَهُ قَصْرًا فِى الْجَنَّةِ

Artinya :
"Barang siapa yang melakukan sholat dhuha dua belas rakaat, Allah akan membuatkan baginya istana di syurga." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dari hadist diatas menjelaskan bahwa jumlah rakaat sholat dhuha adalah dua belas rakaat. Namun rakaat yang berjumlah 12 tersebut adalah bilangan maksimal dari rakaat sholat dhuha.

Salah satu keutamaan yang sangat besar bagi siapa yang mau menjalankan sholat ini adalah akan dimudahkan rezekinya dengan caranya Allah yang terkadang tidak disangka-sangka oleh kita, dan juga bisa melebur dosa-dosa yang setiap hari kita lakukan dan masih banyak lagi keutamaan yang lainnya.

Waktu antara shalat subuh sampai terbitnya matahari juga termasuk salah satu waktu yang paling ijabah untuk berdoa maka dari pada itu kita sangat dianjurkan berdoa dan mengerjakan sholat dhuha. Mengenai tata cara shalat dhuha seperti biasa kita mengerjakan shalat-shalat sunnah yang lainya tetapi ketika sudah selesai ada do’a khusus untuk sholat dhuha ini.

Salah satu hal yang dilakukan setelah sholat dhuha adalah berdoa, adapun doa yang bisa anda panjatkan adalah sebagi berikut :

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Doa Sholat Dhuha Latin

"Allahhumma innad-duha'a duhaa'uka wal bahaa'a ba haa'uka wal-jamaala jamaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudrotuka wal-ismata 'ismatuka."

"Allahhumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardhi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaan ba'iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamalika wa quwwatika wa qudratika, attini maa aataita 'ibadikash-sholihiin."

Arti Doa Sholat Dhuha

"Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu."

"Ya Allah, apabila rezekiku berada dilangit maka turunkanlah, apabila ada didalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah, dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh."

Doa tersebut dibaca ketika setelah selesai melakukan sholat dhuha, alangkah baiknya lagi dzikir terlebih dahulu baru memanjatkan doa.

Itulah pembahasan mengenai doa setelah sholat dhuha yang bisa anda baca setelah melakukan sholat. Rasanya rugi sekali bagi orang yang enggan mau melakukan sholat dhuha ini mengingat banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Semoga kita tergolong orang yang selalu istiqamah untuk menjalankan sholat dhuha ini. Amin

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon