July 22, 2019

Bacaan Doa Taubat Untuk Diri Sendiri Beserta Dalilnya

Melakukan dosa dan kesalahan merupakan hal yang pasti dilakukan oleh setiap manusia. Entah itu dosa kecil atau besar setiap harinya pasti kerap dilakukan. Baik yang sengaja maupun yang tidak sengaja. Sedangkan arti dosa sendiri adalah melanggar aturan yang mana sudah ditetapkan dalam ajaran agama Islam. Contoh saja tidak melakukan hal yang sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat Islam dan melakukan hal yang sudah dilarang oleh Allah Subnahu wata'ala.

Dan kita sebagai umat Islam harus mempercayai bahwa adanya kehidupan setelah mati, dan sejatinya bahwa kehidupan di Dunia ini hanyalah sementara.

Ketikak manusia sudah meninggal maka akan dipertanggung jawabkan segala dosa-dosa yang telah diperbuat semasa hidupnya. Allah  Subnahu wata'ala telah berfirman mengenai hari pembalasan yaitu ada pada surat Al-Ghosiyah ayat 24-26 berikut ini :

فَيُعَذِّبُهُ اللَّهُ الْعَذَابَ الْأَكْبَرَ (24) إِنَّ إِلَيْنَا إِيَابَهُمْ (25) ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا حِسَابَهُمْ (26)
Artinhya :
"Maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar, Sesungguhnhya kepada kamilah kembali merea, kemudian sesungguhnya kewajiban kamilah menghidab mereka."

Melihat firman Allah mengenai adanya hari pembalasan, makasudah sepatutnya kita untuk selalu mengerjakan apa yang telah diwajibkan sebagi umat Islam dan meniggalkan apa yang Allah larang. Dan ketika nanti amal perbuatan yang jelek banyak maka akan dimasukkan ke neraka, sebaliknya jika amal yang baik banyak maka akan dimsukan ke syurganya Allah.

Maka dari pada itu kita diwajibkan untuk senantiasa meminta ampunan dari Allah atas segala dosa yang telah kita perbuat setiap harinya. 

Doa Taubat untuk diri sendiri :

رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي
Rabbi Inni Dzolamtu nafsii faaghfirlili

Artinya :
"Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku." (Qs Al-Qashas : 6)

Namun ketika sudah bertaubat maka jangan lupa untuk tidak mengulanginya lagi.

Adapun doa memohon ampuna dari Allah atas segala dosa yang telah diperbuat dan yang bisa kamu amalkan setipa harinya adalah sebagi berikut :

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullahhal Aziim Al-Ladzi Laa Ilaaha Illahu Huwal Khayyul Qoyyumu Wa Atubu Ilaih

Artinya :
"Aku memohon ampunan kepada Allahyang tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia yang maha Hidup lagi maha berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

Doa tersebut biasanya dibaca dan diamlakan setiap kali mengerjakan sholat fardhu, dan dibaca sebanyak tiga kali. Doa ini merupakan sayyidul istighfar yang mempunyai manfaat yang sangat besar terutama dalam hal meminta ampunan kepada Alllah terhadap dosa yang telah kita perbuat.

Doa tambahan untuk kalian yang ingin bertaubat 

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَتُبْ عَلَىَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ 

Robbighfir Lii Wa Tub 'Alayya Innaka Anta-tawwaabur-Rohiim

Artinya :
"Ya Rabbku, ampunilah dosa-dosaku dan terimalah taubat dariku. Sesungguhnya Engkau maha penerima taubat lagi maha penyayang." (HR At-Tirmidzi, Abu Dawud, An-Nasa'i, Al-Bukhari)

Selain doa-doa yang sudah disebutkan diatas tadi, kamu juga bisa menambahkan dengan melakukan ibadah sunnah yang lain seperti sholat Taubat sebagai bentuk ampunan kepada Allag atas segala dosa yang telah diperbuat. 

Demikian mengenai bacaan doa taubat untuk diri sendiri yang bisa kamu baca dan amlakan setipa harinya. Agar supaya dosa-dosa yang telah diperbuat diberikan ampunan oleh Allah Subhanahu wata'alaa.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon