July 24, 2019

Doa Ketika Akan Bepergian Jauh Agar di Berikan Keselamatan Lengkap Dengan Terjemahnya

Bepergian meruapakan aktivitas yang hampir setiap hari dilakukan oleh manusia. Entah itu bepergian untuk kerja, bepergian bersilaturahmi dan jjegiatan-kegiatan yang lainnya. Ketika akan melakukan sebuah perjalanan tentunya setiap orang menginginkan keselamatan sejak keberangkatan sampai nanti pada waktu pulangnya. Maka dari pada itu sebelum keberangkatan alangkah baikanya untuk melakukan tak lupa untuk selalu memanjatkan doa agar bisa diberikan keselamatan.

Terkadang tidak semua orang hafal mengenai doa ketika ingin bepergian. Nah bagi kalian yang belum tahu atau belum hafal mengenai doa tersebut pada kali saya akan memberikan beberapa doa yang bisa anda baca dan amalkan ketika akan bepergian.

Doa Bepergian

اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، (سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَـٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ) اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَـٰذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اَللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَـٰذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اَللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ

Doa Bepergian Latin

Allaahu akbar (3x), "Subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunna lahu muqriniin Wa inna ilaa robbinaa lamungqolibun

Allaahumma innaa nas-aluka fi safarinaa haadzal birro wat-taqwaa, wa minal 'amali maa tardhoo, allaahumma hawwin 'alainaa safaronaa haadzaa wathwi 'annaa bu'dah,

Allaahumma antash-shoohibu fis-safari wal kholifatu fil ahli,

Allaahumma innii a'uudzu bika min wa'tsaa-is-safari wa ka-aabatil manzhoro wa suu-il munqolobu fil maali wal ahli.

Artinya :
"Allah Maha Besar (3x). Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.

Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat)

Ya  Allah, sesunggunya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini, kami mohon perbuatan yang meridhakan-Mu.

Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah jaraknya bagi kami.

Ya Allah, Engkau teman dalam bepergian dan yang mengurusi keluarga-ku.

Ya Allah, sesunggunya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang yang menyedihkan dan kepulangan yang jelek dalam harta dan keluarga.
Adapun do'a untuk naik kendaraan sendiri adalah sebagai berikut :

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هذَاوَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ

Doa naik Kendaraan Latin 

Subnaanal ladzii sakhara lanaa haadzaa, wamaa kunna lahuu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunwalibuun

Artinya :
"Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu mengusainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami." 

Apabila kembali dari bepergian doa diatas dibaca dan bisa ditambah dengan do'a  :

آيِبُوْنَ تَائِبُوْنَ عَابِدُوْنَ لِرَبِّنَا حَامِدُوْنَ
Doa Latin:

Aayibunna taa-ibunna 'aabidunna haamiduuna

Artinya :
"Kami kembali dengan bertaubat, tetap beribadah dan selalu memuji kepada Tuhan kami."

Tambahan, Untuk doa naik kendaraan laut doanya adalah sebagai berikut :

بِسۡمِ ٱللَّهِ مَجۡر۪ٮٰهَا وَمُرۡسَٮٰهَآ‌ۚ إِنَّ رَبِّى لَغَفُورٌ۬ رَّحِيمٌ۬

Doa Latin 

Bismillaahi Majrahaa Wa Mursahaa Inna Rabbi Laghofurur Rahim

Artinya :
"Dengan menyebut nama Allah yang menjalankan ini kendaraan, berlayar dan juga berlabuh, sesungguhnya Tuhanku maha pemaaf lagi maha penyayang."

Itulah mengenai doa ketika akan bepergian jauh agar diberikan keselamatan oleh Allah, baik itu sejak mulai bepergian dan sampai pulangnya nanti. Anada bisa memilih salah satu doa diatas tadi, akan tetapi lebih baiknya lagi jika doa tersebut dibaca atau diamalkan semuanya. Semoga bermanfaat





Artikel Terkait


EmoticonEmoticon