July 18, 2019

Doa Mustajab, Mohon Agar di Mudahkan Rezeki

Berbicara mengenai rezeki tidak ada yang tahu kapan datangnya, terkadang rezeki datang secara tiba-tiba dari segala macam arah yang tak terduga. Terkadang juga kita butuh usaha yang kuat untuk memperoleh semua itu. Sebenarnya rezeki itu tidak hanya soal materi saja, akan tetapi kebanyakan orang menganggap bahwa rezeki itu hanya yang berupa materi saja. Banyak rezeki yang terkadang kita lupakan, misalnya rezeki sehat, memiliki teman yang baik, keluarga yang rukun dan masih banyak rezeki-rezeki yang lainnya. Jadi jangan mempunyai pikiran yang sempit bahwa rezeki itu hanya soal uang saja.

Rezeki adalah :

هُوَ كُلُّ مَا تَنْتَفِعُ بِهِ مِمَّا اَبَاحَهُ اللهُ لَكَ سَوَاءٌ كَانَ مَلْبُوْسٌ اَوْ مَطْعُوْمٌ … حَتَّى الزَّوْجَة رِزْق، الاَوْلاَدُ وَ البَنَاتُ رِزْقٌ وَ الصِّحَةُ وَ السَّمْعُ وَ العَقْلُ …الخ
Artinya :
"Segala sesuatu yang bermanfaat yang Allah halalkan untukmu, entah itu berupa pakaina, makanan sampai pada istri. Itu semua termasuk rezeki. Begitu pula anak laki-laki atau perempuan itu juga termasuk rezeki. Termasuk pula dalam hal ini adalah kesehatan, pendengaran dan penglihatan."

Sejatinya rezeki datangnay semata-mata hanya dari Allah. Maka jika kita menginginkan rezeki maka kita wajib untuk memohon kepada Allah agar rezeki tersebut dimudahkan. Namun terkadang banyak orang yang hanya folus pada pekerjaan saja tanpa memohon dimudahkan rezeki dari Allah. Oleh sebab itu janganlah sampai melupakan peran Allah dalam mengatur rezeki kita.

Di dalam ajaran Islam sendiri salah satu cara untuk mendatnagkan rezeki adalah dengan kita berdoa kepada Allah supaya rezeki kita dimudahkan.

Untuk doa yang baik adalah doa yang padat namun luas maknanya, hal ini sebagaimana dalam hadist dari Aisyah rdhiyallahuanha berikut ini.

"Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam menyukai jami' ad-dua (doa yang kalimatnya padat namun luas maknanya), Dan beliau tinggalkan yang lainnya." (HR Ahmad, Abu Daud dan disahihkan Al-Albani)

Doa Mohon dimudahkan Rezeki

Doa ini sesuai dengan firman Allah dalam Qs Al Maidah ayat 114, yang mana Allah mengajarkan ayat ini dibaca pada saat memohon rezeki.

اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِنْكَ ۖ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Rabbana anzil 'alainama'idatam minas-sama'i takunu lana idal li 'awallina wa akhirinaa mingka warzuqna wa anta kahirur-raziqin

"Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, beri rezeki kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama."

Doa Agar diberi Rezeki yang Berkah

اَللّٰهًمَّ اَصْلِحْ لِيْ دِيْنِيْ وَوَسِّعْ لِيْ فِيْ دَارِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْ رِزْقِيْ

Allahumma ashlihli lii diinii wa wassi'lii  daari wa baarik lii fii rizqii

"Ya Allah perbaikilah agamaku (yang menjadi pokok urusanku) lapangkanlah tempat tinggalku, dan berikanlah keberkahan pada rezekiku."

Doa Agar Rezeki Bertambah

اَللَّهُمَّ زِدْنَا وَلاَ تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلاَ تُوْهِنَا وَأَعْطِنَا وَلاَ تَحْرِمْنَا وَاٰثِرْنَا وَلاَ تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَأَرْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Allahhumma zidnaa wa la tanqushaa wa akrimnaa wa laa tuuhinaa wa a'thinaa wa laa tahrimnaa wa atsirnaa wa laa tu'tsir 'alainaa wa aridhinaa wardhoo 'annaa

"Ya Allah, tambahkanlah rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakanlah kami dan jangan Engkau hinakan kami. Berilah kami dan jangan engkau halangi kami. Pilihlah kami dan jangan Engkau tinggalkan kami, dan jangan Engkau cegah kami."

Demikianlah menganai doa mohon rezeki agar dimudahkan oleh Allah. Namun disamping berdoa, kita juga harus tetap bekerja keras untuk mencapai semua apa yang kita harapkan. Selain dengan berdoa dan bekerja keras, biar rezeki lancar atau mudah kita harus melakukan amalan-amalan dan perbuatan yang bisa membuka dan memperlancar rezeki kita.






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon