July 5, 2019

Doa Untuk Orang yang Bersilaturrahmi Sebelum Atau Sepulang Haji Lengkap

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang ke lima. Ibadah haji sendiri merupakn penyempurna rukun Islam. Ketika ada seseorang yang telah mampu dalam hal biaya dan fisik (tenaga) maka orang tersebut diwajibkan untuk melakukan ibadah haji. Musim Haji akan segera datang, baik itu sebelum berangkat haji atau sesudah adat masyarakat Indonesia adalah bersilaturrahmi ke tempat orang yang akan menunaikan ibadah haji. Kebanyakan orang yang bersilaturrahmi tersebut ingin didoakan agar cepat menyusul ke tanah suci. Karena mayoritas orang yang baru saja menunaikan ibadah haji maka doanya akan diijabah oleh Allah sebab malaikat masih menyertainya.

Bagi yang sudah terbiasa memimpin doa atau dimasyarakatnya menjadi seorang ustadz atau kyai saat dimintai doa mungkin hal ini tidak menjadi suatu masalah baginya, namun bagi yang masih awam ini merupakn salah satu beban berat baginya. Bagaimana tidak? karena ketika setelah pulang haji maka akan di dianggap sebagai sosok pemimpin dan teladan dimasyarakatnya. Oleh sebab itu khususnya bagi yang masih awam atau belum hafal tentang doa untuk tamu yang bersilaturrahmi maka hendaknya menghafal doa tersebut.

Hukum Meminta doa Kepada Jamaah Haji

Adapun hukum meminta doa kepada jamaah sendiri adalah disunnahkan, hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Majmu' Syarah Al Muhadzab.

Rasulullah juga bersabda :

إِذَا لَقِيتَ الْحَاجَّ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَصَافِحْهُ، وَمُرْهُ أَنْ يَسْتَغْفِرَ لَكَ قَبْلَ أَنْ يَدْخُلَ بَيْتَهُ، فَإِنَّهُ مَغْفُورٌ لَهُ رَوَاهُ أَحْمَدُ  
Artinya :
"ketika engkau bertemu dengan orang yang Haji, ucapkanlah salam padanya dan berjabat tangan dengannya, serta mintalah doa ampunan kepadanya sebelum ia memasuki rumahnya. Karena sesunggunya dia merupakan orang yang telah terampuni." (HR AHmad) lihat kitab (Al-Falihin juz 3 hal 237).

Adapun doa yang pernah Nabi Muhammad sallallhu 'alaihi wasallam sebagaimana dalam sebuah redaksi hadist berikut ini.

للَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْحَاجِّ، وَلِمَنِ اسْتَغْفَرَ لَهُ الْحَاجُّ  
Artinya :
"Ya Allah, ampunilah orang yang berhaji. Dan sosa orang yang diminta ampunan oleh orang yang berhaji." (HR Muslim)

Adapun doa untuk orang yang bersilaturrahmi adalah sebagai berikut :


َأَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ, وَزِيَارَةِ قَبْرِ نَبِيـِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلاَمَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ, وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَبَارِكْ وَسَلَّمَ.

اّللَّهُمَّ اجْعَلْنَا حَجًّا مَبْرُوْرًا وَسَعْيًا مَشْكُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا وَعَمَلاً صَالِحًا مَقْبـُولاً وتِحَارَةً لَنْ تَبُوْرَ. يَاعَالِمَ مَافِى الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ

رَبِّ أَدْخِلْنَا مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِ جْنَا مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَجِنَا وَذُرِّيَاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُوْنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَاماً رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْياَ حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارَ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِ عَمَا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَاْلحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. آمِيْن يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Artinya :
Aku berlindung dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad, sampaikanlah kami ke Baitul Haram dan berkunjung ke makam Nabi Muhammad dengan lancar dalam keadaan sehat, selamat dan terkabul yang diinginkan, dan atas keluarga dan sahabatnya semua.

Ya Allah, jadikanlah kami Haji yang mabrur (penuh kebaikan), perjalanan hidup yang penuh rasa sukur, dosa yang diampuni, usaha yang tidak pernah rugi, amal shaleh yang selalu diterima. Wahai Dzat yang maha tahu isi hati makhluk-Nya, keluarkanlah kami dari kesesatan menuju cahaya petunjuk-Mu yang benar.

Ya Allah, masukkanlah kamidalam segala situasi dan kondisi dengan cara yang Engkau ridhai dan dengan cara yang terhormat. Keluarkanlah kami dari mana saja dengan keridhaaan dan kemuliaan-Mu pula. 

Berikanlah kekuatan kepada kami, dari karunia-Mu, yang dapat membela kami melawan musuh. Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati kam, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan diduania dan kebaikan diakhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka. Maha suci Rabmu, yang memiliki keperkasaan (Izzah), dari apai yang mereka katakan. Keslamagtan semoga dilimpahkan kepda para Rasul. dan segala puji bagi Allah, Rabb seru sekalian alam.

Itulah mengenai doa untuk orang yang bersilaturrahmi baik itu sebelum maupun sepulang haji. Dan semoga kita semua bisa menyempurnakan rukun Islam yang ke lima yaitu dengan cara menunaikan ibadah haji. Amin

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon