July 4, 2019

Inilah Doa Nabi Setelah Selesai Sholat Subuh

Sholat subuh adalah salah satu sholat fardhu yang paling berat dilakukan, namun bagaimana pun kita harus tetap menjalankannya. Setelah selesai sholat kebanyakan orang membaca dzikir seperti bacaan istighfar, tahmid, takbir dan lain sebagainya. Disamping membaca dzikir kita juga dianjurkan untuk membaca doa, karena salah satu doa yang mudah diterima oleh Allah yaitu setelah selesai sholat fardhu. Khusus setelah selesai sholat subuh disubahakan untuk membaca dzikir dan kemudian membaca doa setelah selesai sholat subuh.
Doa Nabi setelah selesai sholat subuh, Dahulu ketika Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam setelah selesai sholat subuh dan sholat fardhu lainya, Beliau selalu melakukan bacaan dzikir dan membaca doa setelah selesai sholat fardhu, karena dengan membaca dzikir disamping akan mendapat pahala oleh Allah, kita juga akan merasa lebit dekat kepada Allah. Dzikir juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah, kemudian setelah itu juga disunahkan untuk membaca doa setelah selesai sholat subuh untuk meminta kepada Allah apapun hajat yang kita inginkan, dan hanya Allah lah sang maha pengabul segala doa kita.

Doa sendiri adalah senjata orang mu'min, sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Al Imam Abu Ya'laa Al-Maushily rahimahullah.

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ حَمَّادٍ الْكُوفِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ أَبِي يَزِيدَ الْهَمْدَانِيُّ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، عَنْ عَلِيٍّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” الدُّعَاءُ سِلاحُ الْمُؤْمِنِ، وَعِمَادُ الدِّينِ، وَنُورُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ

Artinya :
"Telah menceritakan kepada kami Al-Hasaan bin Hamad Al-Kuufiy, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Hasaan bin Abu Yazid Al-Hamdany, dari Abu Ja'far bin Muhammad dari Ayahnya  dan Kakeknya Aliy radiyallahuanhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, Do'a adalah senjata umat mu'min, tiyangny agama dan cahaya langit dan bumi."

Nah maka dari pada itu agar kita mendapat sunnah dari beliau kita juga harus melakukan sesuatu yang beliau lakukan, salah satunya adalah dengan berdoa setelah seleesai sholat subuh. Adapun doa setelah selesai sholat subuh adalah sebagi berikut ini.

Diriwayatkan dari Ummu Salamah bahwa Nabi Muhammad  Shallallahu 'alaihi wasallam setelah selesai sholat subuh membaca doa dengan bacaan doa berikut ini.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً، وَرِزْقًا طَيِّبًا

Allahhumma inni as'aluka ilman nafi'an, wa amalan mutaqobalan, wa rizqan thayyiban 
 
Artinya :
"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, amal yang diterima, dan rizqi yang baik."

Itulah mengenai doa nabi setelah selesai sholat subuh, dan semoga kita bisa mengamalkan apa yang Nabi telah lakukan. Dan semoga doa yang kita panjatkan kepada Allah akan selalu diijabah entah kapan waktunya.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon