August 7, 2019

6 Pesan Indah Mbah Maimun Zubair

Baru-baru ini tepatnya tanggal 6 Agustus 2019/ 5 Dzulhijjah 1434 H Mbah Maimun Zubair Meninggal dunia di Mekah saat beliau menjalankan ibadah Haji. Mbah Maimun di makmalkan di Ma'la, tempat pemakaman beliau ini juga tempat makamnya sayidatina Khadijah istri Rasulullah Saw. Beberapa ulama jawa juga banyak yang dimakamkan di Ma'la seperti Syekh Nawawi Al Bantani, Syekh Khotib Al-Minangkabawi, Syekh Amin al-Qutbhi Al-Lomboky serta beberapa keluarga ketirunan Rasulullah Saw, yaitu Sayyid Ibrahim (putra Rasulullah) dan guru Mbah Maimun yaitu Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki juga dimakamkan di Ma'la.

Sewaktu masih hidup Beliu ketika berceramah atau sedang mengajari muridnya kerap kali memberikan kata mutiara dan pesan yang indah yang sangat luar biasa sekali maknanya.

Adapun pesan indah Mbah Maimun Zubair antara lain adalah :

1. Jika engkau melihat seekor semut terpeleset dan jatuh di air, maka angkat dan tolonglah. Barangkali itu menjadi penyebab ampunan bagimu di akherat kelak.

2. Jika engkau menjumpai batu kecil di jalan yang bisa menggangu jalannya kaum muslimin, maka singkirkanlah. Barangkali itu menjadi penyebab dimudahkannya jalanmu menuju syurganya Allah.

3. Jika engkau menjumpai anak ayam terpisah dari induknya, maka ambil dan susulkan ia dengan induknya. Semoga itu menjadi penyebab Allah mengumpulkan dirimu dan keluargamu di surga.

4. Jika engkau melihat orang tua membutuhkan tumpangan, maka antarkanlah ia. Barangkali itu mejadi sebab kelapangan rezekimu di dunia.

5. Jika engkau bukanlah seorang yang mengusai banyak ilmu agama, maka ajarkanlah alif ba' ta' kepada anak2 mu, setidaknya itu menjadi amal jariyah untukmu yang tak akan terputus pahalanya meski engkau berada di alam kuburmu.

6. Jika engkau tidak bisa berbuat kebaikan sama sekali. Maka tahanlah tangan dan lisanmu dari menyakiti, setidaknya itu menjadi sedekah untuk dirimu.

Al-Imam Ibnul Mubarak Rahimahullah berkata :

رُبَّ عَمَلٍ صَغِيرٍ تُعَظِّمُهُ النِّيَّةُ ، وَرُبَّ عَمَلٍ كَبِيرٍ تُصَغِّرُهُ النِّيَّةُ

"Berapa banyak amalan kecil, akan tetapi menjadi besar karena niat pelakunya. Dan berapa banyak amalan besar, menjadi kecil karena niat pelakunya”

Jangan pernah meremehkan kebaikan, bisa jadi seseorang itu masuk surga bukan karena puasa sunnahnya, bukan karena panjang shalat malamnya tapi bisa jadi karena akhlak baiknya dan sabarnya ia ketika musibah datang melanda

Rasulullah bersabda :

 لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ 

"Jangan sekali-kali kamu meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun (hanya)bertemu dengan saudaramu dalam keadaan tersenyum". (HR. Muslim)


Demikian mengenai pesan indah dari Mbah Maimun Zubair yang bisa kita teladani dan kita praktekan dalam berkehidupan. Mari selalu berusah berprilaku positif, semangat meraih hasil terbaik serta saling mendoakan akan keberkahan..Aamiin. Semoga bermanfaat.


.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon