August 1, 2019

Inilah Bacaan Doa Untuk Orang yang Sakit Parah

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit, entah itu mulai dari sakit yang tidak terlalu parah bahkan ada sampai yang parah dan untuk sembuh terkadang memerlukan waktu yang cukup lama. Sakit sendiri merupakan bagian dari taqdir Allah Swt kepada setiap hambanya. Namun tentunya tidak ada orang yang mau merasakan sakit, karena dengan adanya sakit badan menjadi tidak nyaman.
Dalam Islam sendiri sakit merupakan bentuk ujian yang diberikan oleh Allah kepada setiap makhluknya. Maka dari pada itu ketika kita mendapat cobaan sakit, sebaiknya terimalah dengan rasa ikhlas dan penuh rasa sabar apa yang telah dikaruniakan oleh Allah kepada kita, yang mana dalam hal ini dikaruniai cobaan sakit.

Namun ketika anda terkena sakit tidak ko pasrah saja kepada Allah, kita harus ikhtiar agar sakit tersebut bisa hilang yaitu dengan cara berobat. Allah Swt sendiri menyatakan dalam Al Quran bahwa ketika kita terkena sakit maka berobatlah. Hal ini sebagaimana dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Abu Sa'id al-Khudri dan terdapat dalam riwayat Imam Bukhari dalam kitab shahihnya, beliau mengatakan :


ما يصيب المسلمُ من نَصَبٍ ولَا وصَبٍ ولَا همٍّ ولَا حُزْنٍ ولَا أَذى ولَا غَمٍّ حتّى الشَّوْكَةَ يُشَاكُّهَا إلّا كفَّرَ اللهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

Artinya :
"Apa yang dialami seorang muslim berupa keletihan, sakit, kekhawatiran, kesedihan, kesakitan, kegundahan, bahkan jarum yang menusuk dirinya, melainkan itu semua adalah cara Allah menghapuskan dosa-dosa-Nya." (HR Bukhari)

Namun bagaimana jika ada orang yang sakit sudah lama dan sudah parah yang mana tak juga kunjung sembuh?

Sebagai seorang muslim ketika ada saudara kita yang sedang mengalami sakit maka hendaknya mendoakan agar diberikan takdir yang baik menurut Allah dan semoga orang yang sedang sakit tersebut diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapinya.

Nabi Muhammad Saw sendiri pernah memberikan wejangan kepada umatnya agar membaca doa ketika melihat orang yang ditimpa kesakitan.

Hadist ini juga terdapat dalam kitab karya Imam Nawawi yang berjudul al-Adzkar (seputar doa-doa). Hadist tersebut diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra dan masuk kedalam hadist yang dikumpulkan oleh Imam Tirmidzi dalam kitab sunnah-Nya.

مَنْ رَأى مُبْتلًى فقَالَ: الْحَمْدُ لِلّهِ الّذِيْ عَافَانِيْ مِمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِيْ عَلى كَثِيْرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيْلًا

Artinya :
"Siapa yaang melihat orang yang terkena bala (sakit atau bencana) maka ucapkanlah : "Segala puji bagi Allah yang telah membeuatku sehat dan terhindar dari cobaan yang Engkau berikan, dan membuatku lebih baik dari banyak orang yang Engkau sudah ciptakan dalam keadaan baik."

Doa Buat Orang yang Sakit Parah Agar Cepat Sembuh

Inilah bacaan doa untuk orang yang mengalami sakit parah yang mana sesuai sunnah yang biosa anda amalkan ketika sedang menjenguk orang sakit atau sedang mengalami rasa kesakitan. Dengan mengamalkan doa ini disamping meminta kesembuhan juga meminta agar mendapat perlindungan dari Allah atas segala keburukan yang ada.

Berikut ini doa yang bisa anda baca.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

"Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu. Wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughaadiri saqomaa"

Artinya :
"Ya Allah, hilangkanlah kesusahan dan berilah kesembuhan, Engkau Zat yang maha menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

Itulah doa yang bisa anda baca dan amalkan ketika mengetahui ada orang yang sudah sakit parah atau sedang lemah tak berdaya. Disamping itu juga imbangilah dengan amal baik, dan semoga dengan doa tersebut menjadi sebuah wasilah (jalan) sebagai pengobat rasa sakit yang ditimpa. Selain doa tersebut juga bisa menjadi doa buat orang yang sakit jiwa  atau sakit pikiran.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon