August 2, 2019

Lafadz Doa Sebelum Adzan yang Bisa Anda Amalkan

Adzan meruapakan salah satu tanda bagi umat Islam agar untuk segera mengakhiri segala aktivitas dan bergegas untuk menjalankan ibadah sholat fardhu 5 waktu. Adzan juga disebut sebagai tanda masuknya waktu shola.

Setiap sehari semalam pasti sebagai umat muslim selalu mendengar adzan yang dikumandangakn di tiap masjid atau mushola. Bagaimana tidak? Dalam segari saja adzan dikumandangakn sebanyak 5 kali, ini dalam satu masjid saja. Bahkan tiap waktu adzan terus dikumandangkan diseluruh penjuru dunia khususnya bagi yang beragama Islam.
Nabi Muhammad sendiri pernah bersabda, bahwa dengan kita mendengarkan adzan dan juga menjawab ketika adzan dikumandangkan sesuai dengan cara yang sudah diberlakukan, maka ia akan dijanjikan syurga baginya.

Adzan sendiri dulu pada zaman Rasulullah juga sebagai tanda sebuah ikrar kemenangan, disamping itu juga untuk memperkuat ukhuwah saat melakukan peperangan. Salah satunya adalah ketika ada peristiwa Fathul Mekkah (kemenangan kota mekkah) dan pada waktu itu untuk pertama kainya mekkah dikuasai oleh umat muslim. Dan saat itu pula Rasulullah mengutus Bilal bin Rabbah untuk naik ke ka'bah dan mengumandangkan adzan.

Adzan sendiri tidak hanya di dengar oleh manusia saja, bahkan makhluk lain seperti hewan, tumbuhan bahkan jin pun mendengar adzan. Sebagaimana dalam hadist berikut ini.

 "Tidaklah adzan didengar oleh jin, manusia, batu dan phon, kecuali mereka akan bersaksi untuknya." (HR Abu Ya'la)

Setelah kita mengetahui tentang makna adzan ternyata juga ada sebuah doa yang perlu diketahui dan dibaca ketika mengumandangkan adzan. Seperti salah satunya adalah doa sebelum adazan. Namun mungkin anda baru mendengar mengenai doa sebelum adzan. Memang tidak semuanya orang membaca doa ketika sebelum adzan, namun untuk masyarakat yang berhaluan Ahlusunnah Waljama'aah biasanya membaca doa gtersebut.

Bacaan Doa Sebelum Adzan

Saat sebelum mengumandangkan adzan ada baiknya seorang muadzin membaca doa sebelum adzan terlebih dahulu.

سُبْحَانَ اللّـهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَلآ اِلهَ اِلَّ اللّهُ وَاللّهُ اكْبَر, وَلآ حَوْلَ وَلآ قٌوّةَ اِلّا بِآللّهِ العَلِئىُّ العَظِيْمِ, اللهُمَّ صَلّ وسَلِمْ عَلى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ اللّهُ يَا كَرِيْمُ

Doa Latin

Subhanallah walhamdulillah wala illallah wallahu akbar, walahaulawala Quwwata illabilla hil aliyil adzim, Allahumma shalli wa sallim ala sayyidina Muhammad Ya Kariim

Bacaan doa tersebut adalah merupakan bacaan sholawat dan pujian terhadap Allah Swt. Memang tidak ada anjuran atau hadist yang menerangkan doa sebelum adzan ini. Namun apa salahnya jika kita lakukan selagi tidak melanggar syariat agama Islam.

Demikianlah mengenai doa sebelum adzan yang bisa anda baca dan amalkan sebelum mengumandangkan adzan. Dengan membaca doa ini harapanya agar mampu menjadikan seseorang yang hendak mengumandangkan adzan (Muadzin) akan diridhai niat baiknya oleh Allah Swt.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon